Sekjend DPP GMNI Soal Kongres GMNI : Jangan Enggan Jadi Nelayan!

Kongres gmni Trisila.com
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Ambon – Kongres GMNI XXI yang diselenggarakan di kota Ambon. Mengangkat Tema“Mempertegas Posisi Kedaulatan Maritim Indonesia untuk Kepentingan Nasional Berbasis Kepulauan Berdasarkan Pancasila. Kongres ini sendiri akan berlangsung pada 28 November sampai 2 Desember 2019. Kota Ambon sendiri, menjadi tempat kongres GMNI XXI berdasarkan keputusan kongres GMNI pada tahun 2017 yang diselenggarakan di Manado.

BACA JUGA : GMNI inhil Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan 

Menurut Sekjend DPP GMNI. Diangkatnya kemaritiman sebagai tema besar pada kongres GMNI XXI karena kemaritiman adalah modal besar bagi bangsa Indonesia dalam upaya menggapai cita-citanya.

“Kemaritiman tidak hanya berbicara diatas laut, baik itu jalur perdagangan dan transportasi. Tapi juga potensi yang dibawah laut.” Tambah Clance Teddy, selaku Sekjend DPP GMNI yang diwawancarai di sela-sela kongres Sabtu, (30/11).

Ia menegaskan bahwa narasi besar GMNI berkaitan dengan kemaritiman adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah maritim harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. GMNI mendesak pemerintah untuk menelurkan kebijakan berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan nelayan yang menjadi pelaku dalam kemaritiman.

“Jika kita lihat data BPS, rata-rata umur nelayan hari ini di atas 50 tahun. Para pemuda enggan menjadi nelayan karena tidak memberikan penghidupan yang layak. Maka harus ada kebijakan, sampai implementasi untuk membuat narasi nelayan adalah profesi yang mensejahterakan bagi generasi muda menjadi hal yang nyata,” Ungkat Clance.

Menjadi seorang nelayan sudah mendarah daging yang diturunkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

“Kita harus menggugah kesadaran generasi muda kalau menjadi nelayan juga bisa sejahtera, maka peran pemerintah dan setiap elemen masyarakat harus mengupayakan hal tersebut, dan dari GMNI siap mengawal kebijakan-kebijakan yang sudah ditelurkan demi kesejahteraan nelayan kita sebagai legitimasi kemaritiman Indonesia” tutupnya. (rls)

 

BACA JUGA : Kasus Korupsi di Bengkalis Belum Tuntas, GMNI dan Hima Persis Akan Gelar Aksi

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...

One thought on “Sekjend DPP GMNI Soal Kongres GMNI : Jangan Enggan Jadi Nelayan!”

Komentar