Demi Kejayaan UMKM, Menteri Teten Siapkan Konsep “Sharing Factory”

Bagikan Tulisan Ini Bung...

“Jadi rumah produksi bersama lah, disentrakan dulu, kita sediakan permesinan modern bisa swasta, pemerintah bisa BUMN,” terangnya.

Trisila.com –  Menteri Teten mengatakan Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia hingga kini memiliki  banyak sekali kendala untuk berkembang. Beberapa kendala itu di antaranya adalah persoalan sumber daya manusia (SDM) hingga persoalan mesin produksi.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM  mengatakan, untuk mengatasi persolan tersebut, pihaknya sedang menyiapkan konsep sharing factory atau rumah produksi bersama.

“Tentu tidak mudah untuk menaikkan kualitas daya saing produksi UMKM, mulai sumber daya manusia, sampai kuliner, produk makanan minuman”. Paparnya , Minggu (1/12/2019).

“Kita ada strategi bagaimana UMKM punya pabrik yang sama modernnya dengan perusahaan besar.  Kami punya gagasan sharing factory, atau open factory,” tambahnya.

Dia mengatakan, konsep ini akan melibatkan pemerintah, Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) hingga swasta. Dengan konsep ini, UMKM bisa ‘nebeng’ perusahaan besar sehingga bisa mengangkat kualitas SDM dan produknya memiliki kualitas yang lebih baik karena memanfaatkan permesinan modern.

“Jadi rumah produksi bersama lah, disentrakan dulu, kita sediakan permesinan modern bisa swasta, pemerintah bisa BUMN,” terangnya.

Tambahnya, rumah produksi bersama ini bukan hanya mengatasi masalah produksi. Ke depan, rumah produksi ini juga akan terintegrasi dengan pembiayaan hingga sertifikasi.

“Rencananya sharing factory ini atau rumah produksi bersama itu terintegrasi, sertifikasi, pembiayaan sehingga UMKM jangan urus sendiri persyaratan, seritifikat,” terang Teten.

3 thoughts on “Demi Kejayaan UMKM, Menteri Teten Siapkan Konsep “Sharing Factory”

Komentar