Sengketa Pemindahan Masjid Bikuan Picu Konflik Antar Warga

Mesjid Nurul Huda Dusun Bikuan Trisila.com
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Mandah , Trisila.com – Konflik horizontal antar warga dikabarkan terjadi di Dusun Bikuan, Desa Belaras, Kecamatan Mandah. Diketahui, Konflik tersebut akibat pembangunan masjid yang menggunakan nama yang sama dengan masjid yang telah berdiri di Dusun Bikuan, yaitu masjid Nurul Huda.

Walau terdengar sepele, penamaan yang sama ini diduga mengakibatkan dipindahkannya bantuan pembangunan masjid, dari masjid yang lama ke masjid yang baru.

Isu yang beredar, diduga ada permainan pejabat desa untuk membuat status masjid nurul huda berpindah lokasi. Nyatanya Masjid Nurul Huda tidak pernah direncanakan untuk pindah oleh warga sekitar.

https://www.trisila.com/2019/12/menuju-porprov-x-riau-di-kuansing-tarung-derajat-inhil-siap-pematangan-fisik/

Seperti yang dikatakan oleh Roma Irama, pemuda asli dusun Bikuan. Masjid Nurul Huda telah ada sejak puluhan tahun lalu dan tidak pernah ada wacana untuk di pindah.

“Masjid itu (Nurul Huda) sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan tidak pernah dipindahkan, tetapi beredar isu, ada berita acara pemindahan masjid. Tetapi sepengetahuan saya tidak pernah ada musyawarah semacam itu.” Jelas Roma, Senin (23/12/2019).

Diberitakan lebih lanjut, akibat dualisme status masjid tersebut, memicu konflik antar warga yang beribadah di kedua Masjid.

“mulai terdengar konflik-konflik di masyarakat, ada yang saling hina, ancam-mengancam, dan jangan sampai kejadian ini membuat ada pertumpahan darah. Kita harus nya bisa mencari jalan tengah.” Kata Roma.

Terakhir Roma mengatakan, akan mengusut permasalah ini dan mencari jalan tengah untuk menghindari konflik.

“kami akan mulai berkomunikasi dengan Departemen Agama Inhil, kita harus mencari jalan keluar permasalahannya, untuk menghindari konflik dimasyarakat. Serta mencari dugaan oknum yang mencari keuntungan sendiri” Tandas Roma.

Diketahui, setelah dibangunnya masjid baru yang menggunakan nama sama tersebut. Masjid Nurul Huda yang lama tidak banyak didatangi jemaah,  dan tidak memiliki administrasi resmi akibat dugaan penyerobotan data administrasi oleh oknum-oknum yang mencari keuntungan sendiri.(rls)

Baca Juga : Gus Baha Bicara Soal Istilah “Kafir” Dalam Agama Dan Bernegara

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...

3 thoughts on “Sengketa Pemindahan Masjid Bikuan Picu Konflik Antar Warga

Komentar