Soekarno 5 Kali Coba Dibunuh

Bagikan Tulisan Ini Bung...

Banyak yang mengaguminya, banyak punya yang membencinya… Bung Karno, Presiden Pertama Indonesia.

Dalam sejarah dunia, pemimpin besar sekaliber presiden pun bisa dibunuh dengan cara yang mengerikan termasuk Soekarno. Sebut saja pembunuhan John F. Kennedy dan Abraham Lincoln yang notabene Presiden Amerika. Hal-hal mengerikan seperti ini ternyata juga terjadi di Indonesia. Berikut lima percobaan pembunuhan yang dialami Bung Karno.

Tragedi mengerikan seperti ini menjadi bukti jika pemimpin yang baik selalu saja dijatuhkan. Ada pihak-pihak yang tidak menyukai pandangan atau program kerja presiden hingga akhirnya terobsesi membunuhnya. Inilah lima kisah dari kasus percobaan pembunuhan Bung Karno yang sangat mengerikan di masa lalu.

1. Peristiwa Cikini

Barangkali dari semua kasus percobaan pembunuhan soekarno, peristiwa Cikini inilah yang paling parah. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1957 saat Bung Karno menghadiri hari ulang tahun ke-15 Perguruan Cikini tempat anak beliau menuntut ilmu. Saat acara sedang dimulai sebuah granat dilempar dan membuat 10 orang meninggal dunia.

Dalam kejadian itu, satu pengawal dari Bung Karno meninggal dunia. Sementara itu, beliau tidak luka sama sekali. Polisi akhirnya menangkap 4 orang pelaku teror yang akhirnya dihukum mati karena berusaha membunuh presiden. Peristiwa ini sangat diingat oleh Bung Karno hingga ia selalu sedih saat teringat ada banyak orang meninggal tepat di depan wajahnya.

https://www.trisila.com/2019/10/marhaenisme/

 

2. Peristiwa Pemberondongan Kanon ke Istana Negara

Kasus percobaan pembunuhan selanjutnya terjadi pada tahun 1960. Saat itu seorang Letnan AU bernama Maukar menembakkan kanon berkaliber 23 mm ke arah istana. Kejadian ini membuat beberapa bangunan ambruk. Beruntunglah saat itu Bung Karno tidak ada di tempat karena memimpin rapat di gedung sebelah Istana negara.

Dalam kejadian ini Maukar ditangkap dan berkilah ingin membunuh Soekarno. Namun Komjen (Purn) Dr. H. Moehammad Jasin membenarkan peristiwa itu. Maukar ingin membunuh Presiden dan seluruh peserta sidang DPA yang saat itu diperkirakan makan di Istana Negara. Sayangnya perkiraan itu meleset dan Bung Karno selamat.

3. Peristiwa Rajamandala

Aksi percobaan pembunuhan selanjutnya masih terjadi di tahun 1960. Saat itu Soekarno sedang menyambut Perdana Menteri Uni Soviet bernama Nikita Kruschev. Dalam kunjungannya, Perdana Menteri Uni Soviet ini mengunjungi Bandung, Yogyakarta, dan juga Bali. Kunjungan kenegaraan ini adalah bentuk pengakuan Uni Soviet atas kekuatan Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

Saat kedua pemimpin besar ini ada di Jembatan Rajamandala, hal mengerikan itu datang. Sekelompok orang berusaha menyerang keduanya dengan cara yang mengerikan. Beruntunglah dalam aksi ini tidak ada korban yang terluka. Bung Karno dan juga Perdana menteri Uni Soviet selamat. Penyerang dalam aksi ini adalah anggota DI/TII yang saat itu mulai berkembang dengan pesat.

4. Penembakan Idul Adha

Menjadi presiden ternyata membuat Bung Karno harus kebal dengan aksi-aksi pembunuhan yang mengerikan. Setelah nyaris diledakkan dengan granat dan diberondong kanon dari pesawat. Kali ini Bung Karno nyaris ditembak dengan senapan saat sedang melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Baiturahim.

pemuda rengasdengklok Trisila.com
pemuda rengasdengklok Trisila.com

Orang yang menembak berada di empat shaf di belakang Bung Karno. Dalam kasus ini peluru tidak mengenai Bung Karno. Peluru itu justru nyasar dan akhirnya mengenai ketua DPR yang saat itu dengan bertugas menjadi imam salat. Pelaku pembunuhan ini adalah Haji Bachrum, ia dikenai hukuman mati meski akhirnya Bung Karno memberikan grasi.

5. Serangan Granat Makasar

Serangan pembunuhan terhadap Bung Karno lagi-lagi membuat Sang presiden nyaris meregang nyawa. Bagaimana tidak, saat iring-iringan presiden sedang melaju di jalanan sebuah granat mendadak dilemparkan ke arah mobil Bung Karno. Namun, granat itu justru mengenai mobil lain hingga akhirnya meledak dengan sangat kuat.

Dalam peristiwa ini Bung Karno selamat dan tidak mengalami luka sama sekali. Sementara itu dua korban dinyatakan meninggal dunia. Setelah kejadian ini usai Polisi menangkap dua orang warga negara Belanda yang menjadi dalang aksi mengerikan ini. Mereka akhirnya dijatuhi hukuman yang berat karena berencana mengincar Presiden Indonesia.

Inilah lima kasus percobaan pembunuhan dari Bung Karno yang sangat mengerikan. Meski di masa itu Bung Karno selalu memperjuangkan rakyat, masih ada saja pihak-pihak yang tidak suka. Akhirnya mereka melakukan aksi pembunuhan yang untungnya Bung Karno selalu lolos.

Baca Juga : PPAB GMNI INHIL Angkat Tema Tri Sakti Bung Karno

 

Komentar