GMNI INHIL : Mahasiswa harus Bergerak Perjuangkan Transparansi APBD

PPAB GMNI INHIL Trisila.com
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Minggu 7 juni 2020, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Indragiri Hilir melaksanakan kajian terkait transparansi anggaran Daerah (APBD) Inhil. Pada kajian yang dipimpin oleh ketua Cabang GMNI inhil tersebut, lahir sebuah kesimpulan bahwa mahasiswa harus bergerak memperjuangkan transparansi APBD.

“Untuk Inhil gemilang, fungsi kontrol dan partisipasi rakyat harus di tingkatkan, dan  transparansi APBD  Inhil adalah syarat utamanya. Mahasiswa harus bergerak ke arah ini”. Ungkap Bung Hendra (ketua GMNI Inhil).

Hendra menambahkan, walaupun transparansi APBD adalah amanat undang-undang. Akan tetapi,  transparansi bisa terwujud apabila ada niat pejabat. Untuk itu Hendra mengajak mahasiswa untuk fokus mengkaji Aturan tersebut.

“Sebenarnya lengkap aturan yang terkait transparansi APBD ini, mulai UU No 14 Tahun 2008,  PP No 61 Tahun  2010, PP 12 Tahun 2019, hingga Permendagri No 33 Tahun 2019. Maka dari itu saya menghimbau kawan kawan mahasiswa untuk serius mengkaji hal ini untuk kita gulirkan menjadi sebuah gerakan menuju inhil transparan “. Tegas Hendra.

Lebih jauh lagi, Hendra mengatakan bahwa alokasi APBD adalah tolak ukur keseriusan pemerintah menyelesaikan persoalan rakyat.

“Hal pertama yang kita cek adalah alokasi APBD, tidak bisa dikatakan berhasil satu pemerintahan jika alokasi APBD tidak tepat sasaran. Pembangunan tidak sesuai harapan, bahkan gagal.” Tambahnya.

GMNI selaku organisasi yang berpihak pada kepentingan rakyat, akan serius dalam mendorong transparansi APBD, hingga rakyat bisa berpartisipasi mulai dari KUA-PPAS, hingga APBD di sahkan.

“Kita (gmni) akan serius untuk hal ini, untuk kepentingan rakyat, kami akan mati-matian memperjuangkan transparansi ini. Bukan hanya ketika APBD disahkan, tapi sejak KUA-PPAS Rakyat harus tau kemana saja uang rakyat di gunakan pemerintah”. Ungkap Bung Hendra.

(adm/i)

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...

3 thoughts on “GMNI INHIL : Mahasiswa harus Bergerak Perjuangkan Transparansi APBD

Komentar

KTD Inhil 2021

Pembukaan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) GMNI RIAU (Inhil dan Pekanbaru)

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia  (GMNI) Riau (Indragiri Hilir dan Pekanbaru) mengadakan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD). Kegiatan ini d/laksanakan pada hari minggu-rabu (07-10 Maret 2021) d/ SMA PGRI Tembilahan. Tema yang d/usung dalam KTD kali ini adalah “Membentuk Kader Revolusioner dan progresif serta melahirkan lagi anak anak ideologis Bung Karno guna merawat api perjuangan Marhaenisme”. Acara […]

Read More
Ansor Inhil

Kajian Rutin Bulanan Gerakan Pemuda Ansor Inhil

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan Rutinan Bulanan. Majelis dzikir dan sholawatan serta diskusi Kebangsaan di Sekretariat Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Inhil pada Jum’at malam (05/03/2021). Kegiatan d/mulai dengan dzikir dan sholawat yang pimpin oleh Rijalul Ansor. Khidmat nya pertemuan tersebut memang d/pengaruhi dari sholawatan yang bergema d/setiap sudut ruangan.  D/lanjutkan diskusi NGOPI […]

Read More
Ketua KKMT

Rio Febriansyah terpilih menjadi ketua KKMT

Kesatuan Keluarga Mahasiswa Tembilahan (KKMT) mengadakan Musyawarah ke 2. Kegiatan tersebut d/adakan di Green House Cafe and Resto (Sabtu/27/02/2021). Musyawarah ini terlaksana agar terjadinya proses penyegaran dalam organisasi. Seperti namanya, mereka sangat mengedepankan kekeluargaan dengan cara musyawarah dalam cara pemilihannya. Acara berlangsung dengan khidmat. Kali ini yang terpilih menjadi ketua KKMT serta menakhodai jalan nya […]

Read More