PPAB GMNI INHIL Trisila.com

GMNI INHIL : Mahasiswa harus Bergerak Perjuangkan Transparansi APBD

Bagikan

Minggu 7 juni 2020, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Indragiri Hilir melaksanakan kajian terkait transparansi anggaran Daerah (APBD) Inhil. Pada kajian yang dipimpin oleh ketua Cabang GMNI inhil tersebut, lahir sebuah kesimpulan bahwa mahasiswa harus bergerak memperjuangkan transparansi APBD.

“Untuk Inhil gemilang, fungsi kontrol dan partisipasi rakyat harus di tingkatkan, dan  transparansi APBD  Inhil adalah syarat utamanya. Mahasiswa harus bergerak ke arah ini”. Ungkap Bung Hendra (ketua GMNI Inhil).

Hendra menambahkan, walaupun transparansi APBD adalah amanat undang-undang. Akan tetapi,  transparansi bisa terwujud apabila ada niat pejabat. Untuk itu Hendra mengajak mahasiswa untuk fokus mengkaji Aturan tersebut.

“Sebenarnya lengkap aturan yang terkait transparansi APBD ini, mulai UU No 14 Tahun 2008,  PP No 61 Tahun  2010, PP 12 Tahun 2019, hingga Permendagri No 33 Tahun 2019. Maka dari itu saya menghimbau kawan kawan mahasiswa untuk serius mengkaji hal ini untuk kita gulirkan menjadi sebuah gerakan menuju inhil transparan “. Tegas Hendra.

Lebih jauh lagi, Hendra mengatakan bahwa alokasi APBD adalah tolak ukur keseriusan pemerintah menyelesaikan persoalan rakyat.

“Hal pertama yang kita cek adalah alokasi APBD, tidak bisa dikatakan berhasil satu pemerintahan jika alokasi APBD tidak tepat sasaran. Pembangunan tidak sesuai harapan, bahkan gagal.” Tambahnya.

GMNI selaku organisasi yang berpihak pada kepentingan rakyat, akan serius dalam mendorong transparansi APBD, hingga rakyat bisa berpartisipasi mulai dari KUA-PPAS, hingga APBD di sahkan.

“Kita (gmni) akan serius untuk hal ini, untuk kepentingan rakyat, kami akan mati-matian memperjuangkan transparansi ini. Bukan hanya ketika APBD disahkan, tapi sejak KUA-PPAS Rakyat harus tau kemana saja uang rakyat di gunakan pemerintah”. Ungkap Bung Hendra.

(adm/i)

🔥148
Bagikan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *