Kajian Rutin GMNI INHIL : Empat Kutub Ideologi

Bagikan

Tembilahan – Rutinitas kajian anggota/kader Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Indragiri Hilir (Inhil) terus dilaksanakan.

Tema yang di angkat pada saat diskusi adalah ” Empat kutub ideologi (Kapitalisme, Komunisme, Pan Islamisme, dan Marhaenisme) “.

 

 

Kajian kali ini membahas tentang sejarah ideologi yang berkembang didunia, khususnya di Indonesia

Pemateri merupakan Kader DPC GMNI Inhil, Bung Jepe (sapaan akrab). Kajian dilaksanakan pada hari senin (15/06/2020) pukul 19.00 wib s/d tuntas, di salah satu lokasi jalan Sungai Beringin, Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau.

Jepe menyampaikan bahwa banyak ideologi yang berkembang didunia namun tidak dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Dari keempat ideologi, Kapitalisme mampu berkembang dengan baik mengikuti arus perkembangan jaman. Namun ketiga ideologi lainnya tidak mampu beradaptasi atas lajunya perkembangan jaman. Terkhusus Marhaenisme yang dianggap sebagai ideologi yang sudah usang. Sebenarnya tidak, Marhaenisme itu sebenarnya mampu menjawab tantangan jaman, dan itu semua tergantung kepada Marhaenis itu sendiri.”, ucap Jepe.

 

Baca juga : Transparansi anggaran, syarat menuju Inhil gemilang.

Kajian berjalan dengan lancar dan berbagai argumentasi timbul pada saat diskusi berlangsung.

Menanggapi pernyataan pemateri tersebut, Bung Ezwin, salah seorang anggota DPC GMNI Inhil Komisariat Trisakti juga ikut berdialog.

“Ideologi sejatinya adalah cita-cita, namun cita-cita tidak akan tercapai tanpa tindakan. terang Ezwin”.

Hal ini juga memicu Bung Abay, Anggota GMNI Inhil komisariat Hidayatullah berkata bahwa Marhaenis jaman kini kurang mendalami hal praktek dari Marhaenisme, itu sebabnya Ideologi Bung Karno ini tidak berkembang. Maka saya setuju dengan DPP GMNI yang mencanangkan Working Ideologi.

“Jangan hanya paham apa itu Marhaenisme, tapi harus ada praktek dari Marhaenisme itu sendiri.”, sebut Abay.

🔥46
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *