PLTU Tembilahan serahkan bantuan pertanian kepada TamBeRa

Bagikan

Tanamlah yang kau makan, Makanlah yang kau tanam.

Tembilahan. – Pada 10-11 Juli 2020, PJB PLTU Tembilahan serahkan bantuan alat perkebunan dan bibit hortikultura kepada binaan TamBeRa. Bantuan di serahkan di tiga lokasi, yaitu Tembilahan Hilir, Sungai Beringin dan sungai perak. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemandirian serta ketahanan pangan khususnya pada masa pandemi covid 19.

Bekerjasama dengan TamBeRa (Tanam Bersama Rakyat), PLTU tidak hanya memberikan bantuan alat dan bibit. Akan tetapi melakukan pembinaan pertanian hortikultura sejak penyemaian hingga panen dan penjualan.

 

“Kita menaruh perhatian yang besar pada persoalan pangan, apalagi di tengah pandemi ini ada ancaman terjadinya kelangkaan pangan. Oleh karena itu kita dari PLTU bekerjasama dengan TamBeRa membina masyarakat agar bisa menjadi keluarga MAPAN (Mandiri Pangan)”.Ungkap Manager PLTU Tembilahan, Mgs Feriadi.

Inisiator TamBeRa menjelaskan bahwa TamBeRa tidak hanya memberikan bibit, tapi membina sejak penyemaian, perawatan, pemukukan, dan panen sehingga menjadi keluarga MAPAN (Mandiri pangan).

“Warga diajak untuk menanam berbagai macam sayuran yang biasa dikonsumsi sehari-hari dengan mengoptimalkan lahan pekarangan. Target minimal dari program ini adalah warga bisa memakan hasil panen sendiri sehingga menekan pengeluaran. bahkan jika hasil panen berlebih dari kebutuhan konsumsi sendiri, maka hasil panen akan dibeli oleh tim TamBeRa.” Jelas Saipudin Ikhwan.

Saipudin Ikhwan yang biasa disapa Boboy mengungkapkan kebahagiaan dan terimakasihnya kepada pihak PLTU telah memberikan perhatian pada program kemandirian pangan yang sedang mereka gerakkan.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak PLTU yang telah membantu masyarakat. Ini menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk tidak berhenti berjuang”. Tambah Boboy.

Zaki salah seorang warga yang juga merupakan anggota TamBeRa Sungai Perak menyebutkan bahwa bantuan dari PLTU sangat bermanfaat.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, kerja kami lebih mudah dengan alat-alat ini, Terimakasih untuk PLTU” Ungkap Zacky (28).

Manager PLTU berharap program ketahanan dan kemandirian pangan yang digerakkan ini bisa berkembang luas dan bermanfaat untuk masyarakat Tembilahan khususnya.

“Kami berharap program pertanian hortikultura ini bisa berkembang luas dan memberikan manfaat untuk masyarakat khusus di Tembilahan” Tutup Mgs Feriadi

🔥16
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *