Upaya Bung karno Gagalkan Rencana Penutupan Al Azhar Mesir

Bagikan Tulisan Ini Bung...

Anda tau bahwa Universitas Al Azhar mesir yang terkenal itu pernah akan ditutup oleh presiden Mesir kala itu Gamal Abdel Nasser?. Saat itu Presiden Mesir melihat banyak Ulama Al Azhar bergabung dan memberikan dukungan kepada gerakan Ikhwanul Muslimin.

Siapa Ikhwanul Muslimin? nanti kita bahas lebih dalam. Intinya Presiden Mesir melihat itu sebagai sebuah ancaman.

Sekilas saja, Al-Azhar adalah kampus yang melahirkan Ulama-Ulama besar dunia. Lulusannya tersebar di seantero dunia termasuk Indonesia.

Ketika Bung Karno mendengar kabar bahwa Presiden Mesir akan menutup Al-Azhar, lantas Beliau langsung berkunjung ke Mesir. Pada tahun 1955 sekaligus Bung Karno berangkat ke Mesir membawa misi untuk mempertanyakan secara langsung terkait niat Nasser berisi keras ingin menutup universitas kebanggaan rakyat Mesir dan umat Muslim itu.

Mengejutkan, Bung Karno berhasil meyakinkan Presiden pertama Mesir agar mengurungkan niatnya untuk menutup Univeritas itu.

“Kami tidak mengenal kalian (Mesir) sama sekali, yang kami kenal dari Mesir hanya satu, yakni Al-Azhar”, Ujar Bung Karno kepada Nasser.

Semua perkataan Soekarno itupun membuat Abdul Nazer berpikir dan mencermati setiap nasehat kawan dekatnya tersebut.

“Nasehat penting apa yang mau kamu berikan?” Tanya Abdul Naser kepada Bung Karno.

Soekarno pun menyarankan untuk mempertahankan dan menyokong serta mendukung Al-Azhar, dan benar apa yang dikatakan oleh Soekarno.

Sampai saat ini Al-Azhar menjadi salah satu perguruan tinggi Islam rujukan bagi banyak orang di penjuru dunia untuk menimba ilmu.

Semoga Al Azhar terus besar dan melahirkan Ulama-Ulama besar pula. Mungkin itu adalah harapan Bung karno Kepada Al Azhar, sehingga ia menentang penutupan Al Azhar oleh Presiden Mesir kala itu.

🔥84

One thought on “Upaya Bung karno Gagalkan Rencana Penutupan Al Azhar Mesir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *