Perpustakaan Desa : Jalan Menuju Masyarakat Informasi

perpustakaan desa
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Oleh : Veni Fitra Meilisa


Perpustakaan Desa adalah sebuah perpustakaan yang dimiliki oleh pemerintah desa untuk memberikan layanan atas kebutuhan informasi masyarakat desa. Hadirnya perpustakaan desa dirasa penting sebagai jalan menuju masyarakat informasi. Masyarakat informasi adalah  dimana kualitas hidup, dan juga prospek perubahan sosial dan pembangunan ekonomi, tergantung pada peningkatan dan pemanfaatan informasi.

Perpustakaan desa adalah salah satu sarana atau media untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan desa/kelurahan. (SK Mentri dalam Negeri dan Otonomi Daerah Nomor 3 Tahun 2001).

Sesungguhnya perpustakaan desa menjadi pusat informasi dan pengetahuan baru bagi warga desa untuk meningkatkan harkat hidupnya baik dari sisi ekonomi maupun sosial.

Baca Juga : Organisasi Perpustakaan Desa

Di era teknologi komunikasi yang begitu masif, pertukaran informasi begitu cepat terjadi. Setiap orang bisa mendapatkan informasi tentang satu hal hanya dengan berselancar di mesin pencari seperti google. Transformasi ini memungkinkan individu atau sekelompok masyarakat lebih cepat menyerap perubahan di semua sektor.  Artinya, seharunya  masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi atas apa yang menjadi masalah mereka.

Akan tetapi banyaknya informasi yang tersedia tersebut perlu dipilah dan disesuaikan berdasarkan keabsahannya. Tidak jarang informasi yang kita dapatkan bukannya menjadi pentig, malah menyesatkan masyarakat. Bahkan lebih mirisnya, dengan ketersediaan jaringan internet di desa, masyarakat masih kesulitan mengakses informasi yang mereka butuhkan.

Seperti bagaimana meningkatkan hasil pertanian, sebenarnya sangat mudah untuk mencari informasinya di internet. Akan tetapi karena budaya literasi belum terbangun, sehingga hadirnya teknologi seperti internet masih belum maksimal dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

Di sinilah letak pengtingnya peran perpustakaan desa, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan informasi guna peningkatan taraf kehidupan masyarakat. Perputakaan mengumpulan, menyususn dan menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat dengan berbagai macam bentuk, seperti tulisan, foto, video dan lain-lain.

Perputakaan desa bukan hanya menjadi tempat penyimpanan buku. Akan tetapi perlu aktif memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana menjadi masyarakat infomasi.  Perpustakaan desa harus mampu menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

Jika pada perpustakaan umum dan  perpustakaan universitas mereka lebih berfokus pada pengelolaan informasi saja, di desa, perpustakaan harus lebih aktif turun ke masyarakat untuk melakukan pembinaan. Untuk itu, diperlukan kehadiran perpustakaan yang menjadi instrumen penting dalam menciptakan masyarakat informasi.

Bagaiman di desamu?
Apakah sudah memiliki perpustakaan?

Penulis Merupakan 
Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Foto : (TribunJogja)

One thought on “Perpustakaan Desa : Jalan Menuju Masyarakat Informasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.