TEKNIK PROPAGANDA DAN BERBAGAI JENIS SUMBERNYA

teknik propaganda
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Teknik propaganda sebenarnya banyak, akan tetapi disini kita hanya akan membahas  lima teknik propaganda yang biasa digunakan  antara lain:

Teknik-teknik Propaganda

  • Name-calling.
    Adalah dengan memberi label buruk kepada, orang, gagasan, atau objek,  agar orang-orang  menolak suatu gagasan, orang atau objek. Misalnya menuduh dan menyebut lawan sebagai, teroris, ekstremis, fundamentalis, koruptor, dan lain sebagainya.
  • Glittering Generalities.
    Adalah dengan melekatkan atau menempatkan kata yang baik untuk menggambarkan sesuatu untuk  mendapatkan dukungan dari publik.  Label positif ini belum tentu sepenuhnya alami, melainkan bisa jadi dikonstruki terlebih dahulu sehingga seolah baik. Propagandis mengusahakan membangkitkan sebuah perasaan cinta, atau keikhlasan, dan perasaan terikat pada  masyarakat. Propaganda seperti ini  dilakukan dengan melakukan pengalihan pada objek lain. Contohnya, di Indonesia terdapat  larangan iklan rokok untuk tampil di media televisi, Maka mereka menggantinya dengan berbagai bentuk sponsor untuk kegiatan-kegiatan sosial, seperti  membangun pos ronda, lomba olahraga dan lain-lain.

Baca Juga :

  1. Propaganda Dalam Perjuangan
  2. Media Online, Binsni, Hoax dan Politik
  • Card Stacking.
    Teknik propaganda ini  memilih dengan sangat  teliti apa-apa pernyataan yang akurat dan apa yang tidak akurat, apa yang logis dan apa yang tidak logis, dalam menanggapi satu kasus.
  • Plain Folks.
    Teknik propaganda ini merupaka  imbauan bahwa pembicara berpihak pada khalayak dalam upaya bersama yang kolaboratif. Ini juga belum tentu benar adanya. Bisa saja pernyataan tersebut secara fakta benar dan bisa jadi  hanya konteks politik citra saja.
  • Bandwagon.
    Teknik ini adalah bertujuan  meyakinkan khalayak luas agar apa yang menjadi gagasan besarnya dapat diterima dan banyak masyarkat  akan ikut serta dan setuju dengan gagasan tersebut. Konsep yang ditawarkan dalam teknik ini biasanya adalah sebuah konsep dan gagasan besar yang secara itung-itungan tidak akan tercapai  dalam jangka pendek.

Baca Juga :

  1. Media, Alat Politik yang Melampaui Batas
  2. Praktek Propaganda di Era Digital
  • Testimonial.
    Teknik ini adalah berisi sebuah perkataan manusia yang dihormati atau bahkan yang dibenci. Maksudnya bahwa ide, program atau gagasan bisa berdampak sangat baik atau bahkan sangat buruk untuk masyarakat luas. Teknik ini sangat  berguna untuk mengukuhkan dukungan, propaganda ini dapat berbentuk  kutipan kalimat atau informasi  yang menguntungkan posisinyaa atau merugikan lawannya.

Jenis Propaganda

Propaganda dalam hal penyampai atau sumber pesan dapat dibagi menjadi tiga tipe atau bentuk propaganda, antara lain:

  • Propaganda putih. Maksudnya merupakan sebuah  propaganda, dimana yang menyebarkan informasi atau  pesan propaganda  dengan jelas menampilkan atau  menyebut sumbernya.
  • Propaganda kelabu. Maksudnya adalah propaganda yang dilakukan oleh propagandis (pemyebar) yang samar. Jenis seperti ini biasanya bertujuan untuk mengacaukan pikiran orang lain, seperti tujuan adu domba, dan untuk intrik.

Propaganda hitam. Maksudnya adalah propaganda yang dengan sengaja menyebarkan informasi palsu dengan tunuan untuk menjatuhkan moral lawan. Propaganda jenis ini tidak mengenal etika dan cenderung berpikir sepihak.

 

Komentar