Organisasi Perpustakaan Desa, Manajeman dan Administrasi

organisasi perpustakaan
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Organisasi Perpustakaan : Pengertian Administrasi dan Manajemen Perpustakaan

Organisasi Perpustakaan adalah  sekumpulan orang berkumpul untuk melaksanakan kegiatan keperpustakaan. Meraka secara bersama-sama mengerahkan segala pikiran dan tenaga mereka untuk mewujudkan tujuan  dari organisasi. Dimana tujuan tersebut telah mereka tetapkan dan tentukan melalui sebuah  kerjasama yang dibangun di antara mereka.

Kelompok orang-rang tersebut, bisa  terdiri  dari berbagai macam kalangan yang berbeda. Perbedaan bisa dari sisi pendidikan, profesi  ataupun dari sisi karakter mereka. Selain dari pada itu, sebuah organisasi harusnya juga  memiliki satu dukungan sumber daya yang tentunya berbeda-beda pula.

Contohnya, sumber daya keuangan, sumberdaya alam,  sumber daya yang berkaitan dengan informasi, peralatan serta perlengkapan. Semuanya ini  disediakan guna menunjang kesukseskan dan tercapainya tujuan sebuah organisasi.

Untuk mengelola hal tersebut,  dibutuhkan manajemen agar tujuan dari  sebuah organisasi dapat tercapai. Baik sumber daya manusia  maupun sumber daya lainnya.

Baca Juga : Perpustakaan Desa, Jalan Menuju Masyarakat Informasi

Manajemen sendiri dari bahasa Latin, yang artinya   manus (tangan) dan agree (melakukan). Jika dua kata tersebut digabung, maka akan menjadi  kata manager yang memiliki  arti “menangani”.  Manajemen seperti yang dikatakan oleh  Follet adalah sebuah seni untuk  menyelesaikan satu hal  melalui kerja-kerja  orang lain yang terkoneksi.

Dalam sebuah organisasi perpustakaan desa misalnya saja, tentu  memiliki sebuah tujuan  untuk membantu para pemustaka atau masyarakat dalam hal menyediakan informasi baik untuk kegiatan  penyuluhan,  pembelajaran, bahkan pengabdian masyarakat.

Maka dari itu, untuk  memenuhi apa apa yang menjadi tujuan perpustakaan desa tersebut, perpustakaan desa perlu melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain adalah menghimpun koleksi-koleksi, yang tentunya melalui kegiatan seleksi, kegiatan  pengadaan koleksi, kegitan pengolahan bahan pustaka,  promosi,  perawatan  hingga pelayanan koleksi.

Baca Juga : Perpustakaan Desa Terbaik Nasional

Banyak Perpustakaan Desa yang memiliki keterbatasan dalam hal manajemen serta administrasi. Akan tetapi itu dapat diatasi dengan pelatihan keterampilan. Selain itu, teknologi seharunya membuat pustakawan  di perpustakaan desa dapat mencari informasi melalui internet. Ini  dilakukan jika pelatihan tersebut belum dilakukan.

3 thoughts on “Organisasi Perpustakaan Desa, Manajeman dan Administrasi

Komentar