Pengembangan SDM di Perpustakaan

Bagikan Tulisan Ini Bung...

Pengembangan SDM di Perpustakaan

Pengembangan SDM di perpustakaan adalah sebuah proses yang terus menerus untuk meningkatkan  produktifitas dari pada tenaga kerja di perpustakaan.  Pengetahuan,  keterampilan dan kemampuan  dikembangkan melalui mekanisme disesuaikan dengan kebutuhan. Wujud pengembangannya adalah dengan melakukanpendidikan dan pelatihan, konseling, perencanaan karir, penghargaan atau hadiah.

Pendidikan serta pelatihan dalam hal ini memainkan peran sangat penting guna meningkatkan kemampuan akademis dan profesional SDM untuk memenuhi tujuan satu organisasi. Dalam Bahasa Jerman : Ein Prozess, der Mitarbeitern in einer Organisation hilft, kontinuierlich neue Fähigkeiten und Kompetenzen zu erwerben.

Pustakawan merupakan bagian dari perpustakaan. Selayaknya memang seorang pustakawan dibina serta dikembangan seperti halnya juga perpustakaan. Pembinaan dan proses pengembangan para pustakawan tersebut dilakukan berkelanjutan. Akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan dilakukan pula kepada petugas perpustakaan yang lain seperti staf.

Pustakawan dapat dibina dan dikembangan sesuai dengan  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembinaan dan pengembangan SDM meliputi hal yang berkaitan dengan kualitas juga kuantitas. Pembinaan dan pengembangan kualitas SDM seperti   keterampilan,  sikap, lalu juga pendidikan formal maupun pendidikan informal, serta pelatihan dalam pengembangan jaba tan.


Baca Juga :

Organisasi Perpustakaan Desa & Manajemen Administrasi

Sumberdaya Manusia Perpustakaan

Perpustakaan Desa, Masyarakat Informasi


Sedangkan dalam hal kuantitas lebih mengacu kepada kebutuhan  meliputi penambahan dan pengurangan jumlah sumber daya manusia di  perpustakaan yang berkaitan dengan efektif dan efesien dalam mengelola perpustakaan.

Dari pandangan di atas, artinya pembinaan serta pengembangan SDM di perpustakaan adalah  proses untuk menciptakan sumber  daya manusia yang  lebih baik atau lebih berkualitas. Hal ini dilakukan   cara  meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kemampuan pustakawan melalui proses pendidikan atau pelatihan.

Baca Juga  Perpustakaan Desa : Jalan Menuju Masyarakat Informasi

Pengembangan SDM di sebuah perpustakaan, sama seperti pengembangan perpustakaan  maupun koleksi, dilakukan secara  berkelanjutan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengacu  kepada efektif dan efesien dalam mengelola perpustakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.