Perbedaan Pemimpin dan Bos,

Perbedaan Pemimpin dan Bos
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Apa Perbedaan Pemimpin dan Bos?. Kita semua jelas tak asing lagi dengan  kata pemimpin dan atasan. Jika dilihat sekilas pempimpin dan atasan mirip, tapi sebenarnya perbedaannya jelas sekali, terutama dalam hal peran.

Banyakk  orang sering salah pada istilah ini, maka penting untuk mengetahui apa perbedaannya. Menurut KBBI,  pemimpin diartikan sebagai  orang yang memimpin, mengetuai, atau mengepalai.

Pemimpin  cenderung mendapatkan tanggapan yang lebih positif, pada konteks lebih dihormati. Pemimpin tidak sekedar  berorientasi pada hasil saja, tapi juga pada proses. Seorang pemimpin akan menunjukkan kemana arah yang dituju dan akan menjadi bagian untuh dari proses dan  perjalanan untuk dapat mencapai tujuan.

Sedangkan Bos,   adalah orang yang membawahi anggota dan tim.   Bos punya  kemampuan untuk memberikan perintah, melakukan pengawasan, agar anggota bekerja untuk  mencapai tujuan, tapi  tanpa memperhatikan prosesnya.

Dalam dunia kompetitif saat ini, penting sekali untuk memegang peran sebagai pemimpin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan menjamin kesuksesan sebuah tim. Simak kiat-kiat menjadi seorang pemimpin.

1. Fokus pada tujuan

Perbedaan Pemimpin dan Bos dalam hal tujuan.

Pemimpin berfokus untuk mencapai satu perubahan serta perkembangan pada timnya. Pemimpin selalu memiliki tujuan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Pemimpin tidak akan segan  membantu anggota agar semakin bertumbuh di berbagai aspek. Bukan sekedar memberikan perhatian pada hasil, pemimpin lebih tertarik pada proses dan sosok di baliknya.

Sedangkan Bos tidak tertarik pada proses yang dilalui anggotanya, yang terpenting bagi Bos adalah hasil. Orientasinya adalah tentang mencapai hasil dari pekerjaan tersebut.

2. Pendekatan Kerja dan Tujuan

Perbedaan Pemimpin dan Bos dalam hal pendekatan kerja.

Pemimpin melakukan satu pendekatan kerja dengan  cara inovasi dan kolaborasi. Bukan hanya memerintah, pemimpin juga akan memberikan ruang untuk para anggotanya memberikan  ide dan membimbing para anggotanya.

38006769 – difference between boss and leader, leadership business concept, vector illustration.

Pemimpin ikut bekerja  untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Bagi pemimpin, setiap tugas adalah  kesempatan untuk memberdayakan pengetahuan dan  mengembangkan keterampilan anggota tim.

Sedangkan Bos, hanya  melakukan pendekatan kerja secara administratif. Bos mengharapkan anggota mengikuti instruksinya seketat mungkin. Bos akan menyediakan alat dan sumber daya, tetapi  tidak akan berpartisipasi dalam prosesnya. Jika pun terlibat hanya sebagai pengawas saja.

3. Cara Berkomunikasi dan Mendelegasikan

Pemimpin memiliki gaya komunikasi jauh lebih partisipatif. Pemimpin akan tertarik dengan pendapat anggotanya. Pemimpin memastikan komunikasi berdasarkan diskusi, kolaborasi, dan umpan balik. Pemimpin fokus pada kecerdasan emosional dan kemampuan  mendengarkan yang dikatakan oleh anggotanya.


Baca Juga :

Propaganda dalam Perjuangan

Jasa Bung Karno Pada Al Azhar Mesir

Teknik Pengorganisiran Rakyat


Pemimpin tidak hanya bisa mendelegasikan tanggung jawab, tetapi juga menguasai masalah ke tingkat yang berbeda. Meskipun menguasai masalah, tetapi membiarkan anggotanya mencari cara untuk mencapainya. Pimpinan tidak merasa perlu untuk mengontrol segalanya.

Sebaliknya,  komunikasi Bos bersifat memerintah dan sepihak saja. Anggota tidak diharapkan menjadi peserta aktif dalam suatu diskusi. Pada akhirnya, komunikasi hanya proses  menyampaikan pesan, bukan mempelajari atau mendengarkan anggota. Komunikasi hanya untuk mendelegasikan tugas ke anggotanya.

Perbedaan Pemimpin dan Bos

Jadi, kira-kira anda di tipe mana?.

One thought on “Perbedaan Pemimpin dan Bos,”

  1. Jadilah seorang pemimpin bukan seorang bos. Walaupun berada di posisi bos tetaplah pakai konsep pemimpin. Salam Trisila….

Komentar