Ilmu Pengetahuan Jalan Menemukan Teori Perjuangan

Bagikan Tulisan Ini Bung...

Dimana kita menemukan  teori untuk digunakan dalam perjuangan?. Jawabannya adalah pada Ilmu Pengetahuan!. disanalah kita menemukan teori mana yang sesuai dengan kondisi yang kita hadapi serta kondisi yang ingin kita capai.

Ilmu Pengetahuan yang berkembang pesat hari ini harusnya membuat kita lebih kompherensif dan kritis dalam menggunakan teori perjuangan. Katakanlah dalam Ideologi cita-cita kita sudah dituntun, akan tetapi untuk mewujudkan cita-cita itu kita membutuhkan teori-teori dalam ilmu pengetahuan.

Teori

Teori adalah sebuah rangkaian dari variabel atau defenisi yang menggambarkan sebuah keadaan. Ketika kita meminjam kata perjuangan dan melekatkannya dengan kata teori, artinya  ada satu kondisi yang akan dicapai.

Katakanlah kondisi hari ini  sama sekali tidak sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita. Maka pergerakan menuju ke cita-cita itu memerlukan perjuangan yang sistematis (teori).

Jika kita ibaratkan kondisi sosial yang rusak sebagai motor yang mogok, maka cita-cita kita adalah membuat motor itu kembali hidup. Karena motor memiliki struktur (veriabel) yang saling berhubungan, maka kita perlu memahami struktur itu, barulah bisa melakukan tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.

Baca Juga :

Pentingnya Teori Perjuangan

Marhaenisme Adalah Teori Perjuangan

Tindakan yang tepat itulah kita sebut teori perjuangan. Tidak mungkin membuat motor yang mogok menjadi hidup kembali hanya dengan memperbaharui ban dan remnya saja. Kita perlu menge-chek ke dalam mesin motor tersebut, dan mencari tau penyebab mogoknya.

Artinya, tidak mungkin kita memperbaiki motor mogok tanpa menggunakan teori mekanik (perbengkelan). Bagaimana kita bisa memperbaikinya jika kita tidak memiliki pengetahuan tentang teori-teorinya?.

Begitu juga dengan keadaan (struktur sosial), penindasan, ketimpangan ekonomi dan ketidak-adilan adalah kerusakan sistem sosial. Tidak mungkin bisa kita memperbaikinya tanpa teori sosial.

Baca Juga  Pancasila Dasar Negara atau Ideologi?

Oleh sebab itu, jelas sekali  arti penting teori dalam sebuah perjuangan. Jika kita berjuang melawan kapitalisme yang menindas dan menyebabkan ketidak-adilan, maka kita harus tau pula struktur masyarakat yang tertindas itu. Lebih penting juga, kita harus tau struktur kapitalisme itu.

Kemana kita akan membentuk struktur sosial itu, itulah cita-cita, itulah kondisi ideal yang harus kita capai dan perjuangakan menggunakan teori perjuangan.

Dimana kita bisa mencari teori untuk digunakan dalam perjuangan?. Jawabannya adalah pada Ilmu Pengetahuan!. disanalah kita menemukan teori mana yang sesuai dengan kondisi yang kita hadapi dan kondisi yang ingin kita capai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.