Baru Tau, Ini Nama-Nama Tanjak Melayu

Tanjak Melayu
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Tanjak Melayu memang unik. Selain karena bentuknya yang menggambarkan ketelitian dan keragaman, nama-nama dari tanjak juga unik dan beragam. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui beberapa nama tanjak. Padahal, namanya banyak sekali. Bahkan nama-namanya terbilang unik.

 

Sejak dulu hingga sekarang tanjak sering terlihat di pakai oleh masyarakat, terutama saat acara-acara adat seperti: pernikahan, dan acara resmi lainnya. Perlu kita ketahui, bahwa membuat tanjak tidak sembarangan.

Pembuatan tanjak sesungguhnya menggunakan teknik dan aturan adat resam. Mungkin kalian yang suka berkreasi memandang aturan itu sebagai hal yang kuno. Akan tetapi itulah keunikan tanjak.

Kalaupun kalian ingin membuat tanjak tidak sesuai dengan aturan adat resam, silahkan saja. Akan tetapi itu tetap bukan tanjak warisan budaya melayu.  

Baca Juga : Budayawan: Membuat Tanjak Harus Sesuai Aturan!.

Berikut nama-nama tanjak warisan budaya melayu yang kita dapat dari Budayawan Ari Musapia yang menguasai dunia “pertanjakan”.

  1. Ajutan Bingas
  2. Alang Iskandar
  3. Anderi Guru Selebu
  4. Ayam Patah Kepak
  5. Elang Menyusur Angin
  6. Bugis Tak Balek
  7. Bulang Bidang
  8. Cogan Daun Kopi
  9. Elang Melayang
  10. Getam Sedaun
  11. Mahkota Alam
  12. Elang Menyongsong Angin
  13. Nahkoda Trong
  14. Putra Kayangan
  15. Takur Tukang Besi
  16. Tebing Laksemana
  17. Tebing Runtuh

Baca Juga : Jenis-Jenis Tanjak Menurut Mendikbud   Bagaimana? Banyak sekali bukan?. Itu belum semuanya lho, bahkan menurut informasi ada sekitar tiga puluhan jenis dan nama tanjak.  Itulah hebatnya budaya melayu, kaya sekali akan artefak kebudayaan. Jika kalian ingin melihat gambar-gambar tanjak dengan nama-namnanya, bisa masuk ke tulisan kita yang di bawah ini. Baca Juga : Gambar dan Nama Tanjak Warisan Budaya Melayu.

 

2 thoughts on “Baru Tau, Ini Nama-Nama Tanjak Melayu

Komentar