Pak, Kau Pantas Dapat Gelar “Bapak Pendidikan Inhil”

Bapak Pendidikan Inhil
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Oleh : Saipudin Ikhwan

Di Nasional kita mengenal Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan. Maka menurutku, Indra Muchlis Adnan pantas menyandang gelar Bapak pendidikan di Inhil. Tidak berlebihan, karena sepak terjangnya tidak hanya di dunia politik tapi juga mengabdi pada dunia pendidikan.

Pria Kelahiran Desa Teluk Pinang, Desember 1966 itu telah membuktikan ketunakan-nya dalam dunia pendidikan. Pria yang memiliki 5 gelar akademik ini  adalah sosok utama dibalik berdirinya Universitas Kebanggaan Indragiri Hilir.

Salah satu putra terbaik INHIL ini juga membidani lahirnya beberapa lembaga pendidikan lain. Sebut saja, SMK, STMIK Indragiri dan Akademi Kebidanan yang sebentar lagi menjadi Sekolah Tinggi, bahkan pasantren. Sudah Ribuan orang yang dihantarkannya pada gerbang kesuksesan pendidikan.

Secara pribadi aku mengingat namanya dengan sebutan “Pak Jenggot”. Itu  karena kata “Pak Jenggot” adalah bagian dari komunikasi politiknya waktu pilkada tahun 2008. “Jangan Lupa, Coblos Jenggotnya”,  Begitu Jargon kampanye beliau.

 

Hingga hari ini, Jargon itu begitu melekat dalam benakku. Padahal waktu itu (pilkada 2009) aku hanyalah pelajar sekolah menengah atas yang nakal dan suka berkelahi serta standing pake sepeda BMX di Swarna Bumi.

Bayangkan, sudah 11 tahun berlalu, aku masih mengingat jelas bentuk wajahnya yang tegas tapi berwibawa itu.

Bapak Pendidikan Inhil

Anak Sulung dari Bapak H Muhammad Adnan dan Ibu  Hj Nuraini (maafkan saya jika ada kesalahan dalam penulisan nama) ini benar-benar layak mendapat gelar Bapak Pendidikan Inhil.

Mungkin banyak yang mengira hanya ketika menjabat sebagai Bupati saja Beliau perduli dengan pendidikan. Ternyata, setelah tidak lagi aktif menjabat, beliau masih bertungkus lumus dalam memajukan dunia pendidikan.  Mengabdi pada dunia pendidikan itu bukan pekerjaan (maaf) yang menghasilakan duit. Bahkan sebaliknya, saya yakin banyak mengeluarkan duit.

Terlepas dari bagaimana kontroversinya dalam kacamata politik, saya sebagai anak Inhil bangga memiliki tokoh sepertinya.  Tokoh penting dan berjasa bagi dunia pendidikan Indragiri Hilir.

Pak, Jasamu tak akan pernah terlupakan. Semoga engkau selalu dalam keberkahan dan kebaikan.

Baca Opini Trisila.com

4 thoughts on “Pak, Kau Pantas Dapat Gelar “Bapak Pendidikan Inhil”

Komentar

bung boboy

Bung Boboy Alias Saipudin Ikhwan (Profil Singkat)

Lahir dari keluarga yang sederhana membuat Bung Boboy mengerti arti perjuangan. Sejak kecil tumbuh dan berkembang di kultur masyarakat yang kolektif membentuknya menjadi pribadi dengan jiwa sosial tinggi. Bung Boboy (Saipudin Ikhwan) adalah  anak yang nakal, suka berkelahi dan tauran saat remaja. Namun, itu tidak membuatnya menjadi pelajar yang tertinggal. Setelah berada di Sekolah Menengah […]

Read More