Berkualitas! Akreditasi Prodi Di UNISI Tetap Eksis Kala Pandemi!

Bagikan Tulisan Ini Bung...

Opini Oleh : Ahmad Syukron, SH

Kualitas UNISI Tetap Terbukti Meski Di Hantam Pandemi!

Tembilahan – Rabu, (13/01/2021) UNISI (Universitas Islam Indragiri) sebagai satu-satunya universitas yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terus membuktikan kualitasnya.

Kualitas itu terlihat pada kampus, mahasiswa, dosen, tata usaha, kegiatannya, dan lain-lain, hingga memperoleh Akreditasi yang memuaskan.

Tidak hanya itu, lulusan/alumni UNISI juga sudah tersebar keberbagai bentuk pengabdian, sudah jelas kontribusinya terhadap pembangunan daerah.

Meski pandemi Covid-19 membuat sistem pada berbagai sektor terganggu bahkan hampir lumpuh, termasuk pendidikan tinggi. Tapi UNISI tetap berhasil mempertahankan eksistensinya sebagai wadah “Ilmu Karya Abdi”.


Sebagai perguruan tinggi yang berdiri pada wilayah kabupaten, UNISI berhasil menunjukkan kemampuannya untuk terus bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

Terbukti! Salah satu fakultas favorit yang ada di UNISI lagi-lagi berhasil memperoleh Akreditasi B. Suatu capaian yang luar biasa untuk kampus yang masih tergolong baru (hampir 13 Tahun), tapi tetap bisa eksis meski ditengah badai pandemi.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 8518/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021, menyatakan bahwa Program Studi Ilmu Hukum (Fakultas Hukum), Pada Program Sarjana Universitas Islam Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir memenuhi syarat peringkat Akreditasi B.

Akreditasi tersebut berlaku selama 5 tahun terhitung sejak tanggal 12 Januari 2021 sampai dengan 12 Januari 2026.

Baca Juga: Pak Indra Mukhlis, Bapak Pendidikan Inhil

Diskusi BEM Fakultas Hukum UNISI

Mendapat Akreditasi bukan perjuangan yang mudah, butuh pengorbanan waktu, fikiran, perasaan, bahkan tenaga. Mulai dari usulan, verifikasi, Asesmen Kecukupan, Validasi, Penetapan Asesmen, Asesmen Lapangan, Validasi, Pleno, hingga mendapatkan status Akreditasi. (Baca: Alur Akreditasi)

Jujur saja selaku alumni, saya sangat bangga memiliki kampus di daerah (kabupaten) yang terletak di ujung (pesisir), tapi mampu memberikan sumbangan besar bagi distribusi dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Baca Juga  Kisah Haru Menjadi Aktivis Mahasiswa

Semoga UNISI terus berjuang dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) terdidik/terpelajar, yang kemudian mampu bermanfaat ketika kembali ke tengah-tengah persoalan kehidupan masyarakat, khususnya di Kabupaten Inhil.

Ahmad Syukran

Ahmad Syukran

Ahmad Syukran merupakan Bendahara Umum Gerakan Kebangkitan Rakyat Marhaen.