Gerilya Kota, Arti dan Penjelasan Singkatnya

Gerilya Kota
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Gerilya Kota – Kita sering mendengar kata gerily@, bahkan Indonesia disebut-sebut memiliki kemapuan perang gerily@ yang hebat. Yups, Gerilya adalah strategi perang. Perang Melawan siapa? Tergantung, bisa penjajah, bisa juga penguasa yang akan digulingkan.

Tan Malaka juga termasuk orang yang melekat sekali dengan kata Gerilya. Hanya saja lebih khusus dengan kata Gerilya Politik Ekonomi. Gerpolek, judul salah satu buku Tan Malaka.

Lalu apa yang maksudnya dengan Gerilya Kota?.

Baiklah, ini penjelasan singat tentang Gerilya Kota

Gerilya kota adalah tindakan gerily@ yang berpusat di Kota. Gerilyawan adalah seseorang yang berjuang melawan kediktatoran militer dengan senjata, menggunakan metode non-konvensional.

Gerilyawan juga berjiwa revolusioner dan patriot yang giat. Akan tetapi gerilya kota berbeda dengan kriminal. Meskipun, seringkali, aksi-aksi ala kaum kriminal di jalankan oleh gerilyawan kota.

Gerilyawan kota membedakan dirinya dengan kaum kriminal. Kaum kriminal mengambil keuntungan secara pribadi dari aksi-aksinya. Mereka  menyerang tanpa membedakan antara kaum tertindas dan kaum penindas. Akibatnya, kalangan rakyat biasa banyak yang menjadi korban. Sedangkan Gerily@ kota mempunyai tujuan politik, dan hanya menyerang elemen pemerintah, bisnis besar, dan kaum imperialis asing.

Baca Juga : Idealisme Politik Pemuda

Gerilyawan kota merupakan musuh rezim yang paling gigih. Mereka secara sistematis merugikan
bagi pihak otoritas dan orang-orang tertentu yang berkuasa mendominasi negeri. Tugas utama gerilyawan kota adalah mengalihkan perhatian, menundukkan, membuat rezim militer otoriter dan kekuatan represifnya menderita demoralisasi.

Gerilyawan kota tidak segan-segan meruntuhkan dan menghancurkan sistem perekonomian, politik, sosial.  Demi terciptanya struktur sosial politik revolusioner, dengan kekuasaan berada di tangan rakyat.

Nah, bagaimana? apakah anda sudah mengerti apa itu gerily@ kot@?.  Kalau belum, anda bisa membaca buku dari Carlos Marighella yang judulnya:  Panduan Ringkas Gerily@ Kot@.  Anda tidak bisa mendapatkannya dengan mencari ke toko buku seperti gramedia, karena ini buku tidak terjual bebas seperti buku lain. Tapi mungkin secara online ada, bisa bukalapak, shoopee, dan lain-lain.

 

Sumber : Carlos Marighella – Panduan Ringkas Gerilya Kota

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...

Komentar

anak anak

Wahai Orang Tua, Baca Ini Agar Anda Tidak Jadi “Monster” Bagi Anak

Baca dan renungkan Pernyataan d/bawah ini. . . “Orang tua saya memukuli saya sewaktu kecil tapi saya tidak trauma”. Kata laki laki yang dilaporkan ke kantor polisi oleh mantan istrinya karena kekerasan fisik. “Saya sewaktu kecil d/biarkan menangis sendiri oleh orang tua saya sampai ketiduran dan tidak keluar dari kamar”. Kata laki laki yang menghabiskan […]

Read More
Kata-kata Ini Membuat Orang Segan Debat Dengan Anda

Kata-kata Ini Membuat Orang Segan Debat Dengan Anda

Kata-kata Ini Membuat Orang Segan Debat Dengan Anda. Kata-kata bijaksana berikut dirangkai dengan pola yang d/kenal sebagai Sleight of Mouth (SOM) yang kalau d/terjemahkan secara bebas berarti “Bersilat Lidah”. Secara umum, pola SOM bermain d/ keyakinan. Akan tetapi kita tau bahwa keyakinan seseorang yang tentu berbeda-beda dan belum tentu benar. Setiap keyakinan seseorang selalu d/bentuk […]

Read More
joko widodo

Joko Widodo, dan Meraka yang Ingin Terlihat Seperti Bung Karno

Joko Widodo. Presiden Republik Indonesia ini adalah gambaran seorang marhaenis dalam bentuk yang  nyata.  Joko Widodo sama sekali tidak mirip dengan Bung Karno itu adalah fakta. Mulai dari perawakan, penampilan hingga gaya pidato sama sekali tidak ada  kemiripan. Baca Juga : Filantropi Marhaenisme Jadi mengapa aku katakan Beliau adalah marhaenis sejati?. Jawabannya sederhana, karena Marhaenisme […]

Read More