Manfaat Menjadi Aktivis Mahasiswa

Manfaat Menjadi Aktivis Mahasiswa
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Manfaat menjadi aktivis mahasiswa. Jika kalian hari ini adalah mahasiswa?, dan ada  niat untuk menjadi aktivis, saya sarankan segera persiapkan diri anda. Bukan tanpa alasan, bahkan sangat cukup alasan untuk menjadi aktivis., anda memang benar-benar harus menjadi aktivis. Apa sih untungnya sebagai aktivis menjadi mahasiswa?. Apakah tidak menghabiskan waktu saja?. apakah tidak itu tidak akan menyebabkan kuliah kita lambat selesai?.

 

Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam pikiran kita ketika ingin menjadi aktivis mahasiswa. Oke, langsung saja, saya akan menjelaskan apa saja manfaat ketika ada sebagai aktivis mahasiswa.  

1, Membangun Mental

Mental adalah sesuatu yang penting, bukan mental berkelahi ya. Maksud saya, dengan menjadi aktivis mahasiswa, anda akan dipaksa untuk berkegiatan. Pada proses berkegiatan itulah mental anda mengalami proses penempaan.

Mulai dari kegiatan internal kampus, kegiatan eksternal kampus, hingga kegiatan sosial serta pengembangan diri. Bahkan lebih baik jika anda mengikuti debat dan demonstrasi. Tapi bukan demonstrasi anarkis ya..  

2, Melatih Kemampuan Bicara

Ini bukan bo’ongan, asli, dan nyata. Coba kalian perhatikan baik-baik, yang namanya aktivis, hampir bisa dipastikan punya kemampuan bicara. Karena sebagai aktivis mahasiswa, kalian harus pandai mengungkapkan pendapat dengan baik. Jangan khawatir, setiap organisasi yang kalian masuki tentu ada senior yang akan membimbing. Jadi, kalian ikuti saja prosesnya, nikmati dengan santui. Semua akan indah pada waktunya.

3, Pengalaman Organisasi Itu Penting

Nah, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Yang namanya seorang aktivis tentu harus tergabung pada salah satu organisasi mahasiswa. Pengalaman organiasi ini penting sekali untuk kalian berkarir setelah selesai kuliah. Oke, Ijazah itu perlu, tapi dalam dunia kerja kalian akan menghadapi banyak persoalan dan persaingan, disinilah pengalam organisasi itu kalian perlukan.   Mau kalian bekerja pada perusahaan swasta, maupun pada institusi pemerintahan. Pasti para penyedia lapangan kerja akan mempertimbangkan pengalaman organisasi kalian. Apa lagi jika kalian berada pada organisasi yang tepat. Itu akan menjadi nilai jual yang tinggi. Mereka yang memiliki pengalaman organisasi akan memiliki banyak kemampuan, seperti : admisistrasi, kepemimpinan, dan Pemecahan masalah. Makanya, perlu juga kalian memilih baik-baik organisasi yang akan kalian ikuti. Jangan sampai pilih sembarangan ya, bisa berbahaya, bahkan akan merugikan masa depan kalian.  

4, Berpikir Kritis

Manfaat menjadi aktivis mahasiswa selanjutnya adalah Berpikir kritis. Sebagai aktivis mahasiswa, kalian akan berhadapan dengan banyak masalah. Mulai dari masalah mengatur waktu, menyelesaikan rencana kegiatan, hingga masalah-masalah lain seperti konflik perasaan dengan teman satu organiasi. Dunia setelah selesai kuliah khususnya dunia kerja menuntut kita untuk  berpikir kritis. Jika tidak berpikir secara kritis, anda akan menjadi penonton perubahan dan perkembangan zaman, bahkan anda bisa sering tertipu.

Misalnya, tertipu lowongan pekerjaan palsu, investasi paslu, bahkan janji politik palsu. Mungkin kalian berpikir bahwa dengan kuliah di kelas akan membuat anda jadi orang yang berpikir kritis, tidak cukup hanya kuliah, kalian harus berorganisasi. Kuliah itu hanya transfer ilmu, bukan pengalaman. Sedangkan banyak sekali persolan yang hanya bisa terpecahkan ketika kita memiliki pengalam yang cukup.

Baca Juga : Kisah Haru Menjadi Aktivis Mahasiswa

5, Jaringan yang luas

Jaringan yang luas juga Manfaat menjadi aktivis mahasiswa. Siapa yang bisa sukses tanpa memiliki jaringan?, mana ada!. Oleh sebab itu anda harus membangun jaringan sebanyak-banyaknya sejak sekarang. Karena jaringan sangat anda butuhkan untuk meniti karir dan kehidupan nyata setelah selesai kuliah kelak.

Dimana anda bisa dapat jaringan itu?, salah satu yang paling berpengaruh adalah menjadi aktivis. Dari kegiatan organisasi dan kegiatan sosialnya, aktivis tentu akan banyak berinteraksi dengan orang lain, alhasil akan memiliki  banyak kenalan. Katakanlah anda aktif  sebagai aktivis lingkungan, dapat dipastikan anda akan banyak mengenal para profesional dibidang lingkungan, bahkan tidak menutup kemungkinan jaringan itu menjadi pintu rezeki bagi anda.

6, Berkemungkinan Ke Luar Kota Secara Gratis

Ini mungkin sedikit aneh kedengarannya, tapi ini fakta. Aktivis mahasiswa itu memiliki jaringan yang luas secara organisasi. Mulai dari organisasi jurusan, BEM, organisasi pergerakan, Organisasi hobi, bahkan organiasi sosial. Jaringan organisasi mahasiswa ini akan rutin melaksanakan kegiatan ber-skala nasional, seperti musyaswarah nasional, Rapat kerja nasional, lomba nasional dan lain lain.

Dengan anda aktif pada salah satu organisasi tersebut, peluang anda cukup besar untuk mewakili organisasi anda pada kegiatan yang lokasi pelaksanaannya di luar kota. Jika organisasi anda adalah organisasi perhimpunan jurusan, kemungkinan berangkat dengan gtaris sangat tinggi. Misalnya anda adalah mahasiwa teknis sipil, pasti ada organisasi himpunan mahasiswa teknik sipil. Ini karena biasanya kampus menyediakan bantuan tiket pesawat untuk pergi dan pulang. Lumayankan, bisa pergi ke luar kota gratis, bahkan bangga karena mewakili kampus dimana anda kuliah. Makanya, tidak ada alasan untuk tidak menjadi seorang aktivis.  

7, Berpotensi dapat jodoh

Mungkin kalian senyum-senyum ketika membaca bagian ke tujuh ini. Tapi ini bukan omong kosong, ada banyak kisah aktivis menemukan tambatan hatinya di organisasi.   Namanya aktivis, banyak betemu orang, banyak berkegiatan, berbagai macam paras hingga perangai lawan jenis yang kalian temui.

Tapi jangan jadikan ini alasan utama ya, karena selain banyak yang dapat jodoh, cukup banyak juga yang mengalami kisah pilu percintaan selama menjadi aktivis. Hal yang paling sering membuat kisah cinta para aktivis itu kandas adalah karena terlalu sibuk sehingga tidak bisa membagi waktu dengan pasangan. Akan tetapi, ada banyak cara untuk mengatasi hal itu. Makanya, persoalan membagi waktu itu sangat penting. Agar kisah cinta anda tidak seperti kisah sedih di hari minggu. hehe.

8, Berpeluang Menemukan Ide Usaha

Siapa sih yang tidak ingin punya usaha, bahkan jika masih menjadi mahasiswa?, pasti banyak yang mau. Akan tetapi persoalannya, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk membuka usaha itu selain perlu modal, juga perlu ide. Nah, ide ini bagaimana caranya kita dapatkan?, salah satunya dengan banyak melihat serta bertemu dengan orang lain.

Karena pemikrian dan ide itu tidak akan kita dapatkan jika kita tidak banyak melihat keadaan. Menjadi aktivis akan membuat anda banyak menemukan orang, dalam pertemuan itu jika anda mengamati, banyak terdapat peluang bisnis.   Misalnya, setiap organasisai tentu memiliki kebutuhan, paling tidak anggotanya pasti membutuhkan paket data, jika anda cekatan, anda bisa membuka usaha jual paket data. Itu baru contoh kecil.

Ada banyak contoh lain, misal usaha baju sablon, usaha stiker hingga usaha travel agent.   Nah, bagaimana?.  Untuk masa depan yang lebih baik, anda perlu memersiapkannya sejak sekarang. Rasanya sangat kuat alasan untuk menjadi seorang aktivis mahasiwa. Semoa sukses yah.. Semangat.  

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...

One thought on “Manfaat Menjadi Aktivis Mahasiswa”

Comments are closed.