Ketum GKRM : Tahniah Atas Terlaksananya PKD PMII Inhil

ketum gkrm
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Ketum GKRM :

Tanggal 30 januari 2021 ini, PMII Inhil melaksanakan  PKD (Pelatihan Kader Dasar) d/Tembilahan. Kegiatan ini adalah tanda bahwa PMII terus berkembang dan menunjukkan eksistensinya sebagai organiasi Pergerakan dan Pengkaderan. “Ketum GKRM”.

Menurut saya, PMII hadir di Indragiri Hilir adalah satu keharusan, sebagai tanggung jawab untuk mengawal Aswaja di Inhil yang Madani. Meskipun tergolong masih muda, saya meyakini PMII Inhil akan membawa warna baru dalam perjuangan mahasiswa. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang perlu d/perhatikan oleh seluruh kader dan Anggota PMII di Inhil.

Menjaga ruh Nasionalisme yang Religius

Hubungan negara dan agama beberapa tahun terakhir telah  menjadi perdebatan  d/tengah masyarakat. Mereka yang tidak mengerti sejarah bangsa, dan terkontaminasi oleh pemikiran gerakan Islam transnasional tak dapat kita pungkiri telah memiliki pengaruh yang cukup kuat di Inhil. Meskipun jumlah penganutnya tidak banyak, akan tetapi mereka telah menyusup d/sendi-sendi kehidupan religius masyarakat, bahkan berkamuflase seolah-olah penganut aswaja.


Memang, masyarakat Inhil notabene adalah penganut teologi Aswaja dan menjalankan amaliah NU dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi akan mejadi “bom waktu” jika gerakan mereka (Islam transnasional) tidak d/imbangi.  Hal ini menjadi “Pekerjaan Rumah” yang cukup berat bagi seluruh kader PMII d/Inhil.

Untuk itu, semangat nasionalisme yang religius perlu d/kembangkan hingga tahap yang lebih teknis. Semangat nasionalisme yang religius harusnya memberikan pengaruh besar bagi perjuangan PMII di Inhil baik dalam pemikiran hingga tindakan.

Memperkuat Basis Akar Rumput

Sebagai elemen pergerakan, PMII harus mampu menjadi organ mahasiswa yang memiliki basis perjuangan d/masyarakat. Konsolidasi akar rumput perlu masif d/lakukan untuk menjaga independensi dan kemurnian idealisme pada kader. Semangat pembebasan harus berakar dari sumber yang valid, yaitu rakyat itu sendiri.

Eksistensi PMII akan diuji apakah mereka akan menjadi organisasi mahasiwa yang elitis atau merakyat. Banyak organ mahasiswa hari ini hanya melahirkan para kader yang menghamba pada penguasa dan lupa akan tanggung jawab mereka.


Semangat dasar PMII yang membela kaum Mustadafin (kaum tertindas) harus menjadi patokan mutlak dalam melakukan gerakan dan perjuangan. Maka dari itu, basis akar rumput perlu diperkuat sebagai wujud dari upaya menciptakan kader yang dapat menjawab persoalan umat, bangsa dan negara di masa yang akan datang.

Akhirnya, atas nama pribadi dan atas nama organisasi, saya ucapkan tahniah atas terlaksananya PKD PMII Inhil, dan semoga keberkahan selalu menyertai perjuangan kalian. Merdeka!!

Panjang Umur Perjuangan.


Tertanda, Ketua Umum GKRM
(Gerakan Kebangkitan Rakyat Marhaen)

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...

2 thoughts on “Ketum GKRM : Tahniah Atas Terlaksananya PKD PMII Inhil

Comments are closed.