Narasi Politik Pemuda Untuk Mengawal PILKADES 2021

Narasi Politik Pemuda Untuk Mengawal PILKADES 2021
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Pada tahun 2021 ini,  setidaknya ada 96 Desa d/Inhil yang akan melaksanakan PILKADES. Dengan sangat meyakinkan kita menyerukan kepada pemuda desa untuk ikut berpartisipasi dalam proses politik desa. Tinggalkan sejenak game online, lupakan sementara galau dan baper kalian, karena masa depan desa ada d/tangan kalian para pemuda!. Gerakan dan narasi politik pemuda desa benar-benar d/butuhkan saat ini.

Berbicara Desa, maka kita akan terbawa pada satu fakta tentang Dana Desa. Perlu d/ketahui, Dana Desa yang lahir melalui UU Desa UU No. 6/2014, merupakan perjuangan panjang para penggerak (aktivis) desa.

Dalam sejarahnya, pada 2009, pengiat desa mendukung caleg Budiman Sujatmiko (PDI Perjuangan Dapil Cilacap-Banyumas) yang mengusung RUU Desa. Setelah masuk ke Senayan, Budiman menjadi jangkar politik bagi pengiat desa, misalnya mempertemukan pegiat desa dengan Komisi II secara institusional dan personal. Budiman punya peran memindahkan isu desa dari pinggiran ke pusat kekuasaan di Senayan.

 

Bersyukur sekali kita sebagai masyarakat dengan adanya UU Desa dan Dana Desa ini. Akan tetapi faktanya tidak seindah undang-undangnya. Banyak Kepala Desa yang tidak memiliki konsep jelas kemana Dana Desa itu akan d/gunakan.

Padahal jelas berdasarkan UU Desa,  Dana Desa bertujuan untuk:

Membantu mengatasi permasalahan ekonomi  desa, seperti kemiskinan, pengangguran, dan menahan laju urbanisasi. Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, pengembangan SMD Desa, pemerataan pembangunan dan  menciptakan peluang serta lapangan kerja baru.

Jadi jelas sekali bahwa Dana Desa adalah faktor penting  untuk stimulus  roda pembangunan ekonomi desa. Untuk itu, perlu kita desak dan minta para calon kades untuk memaparkan kemana Dana Desa itu akan mereka gunakan jika terpilih.

Narasi Politik Pemuda

Pemuda desa harus berperan dalam pendidikan politik masyarakat Desa melalui narasi kritis tentang Dana Desa tersebut. Karena pembangunan Desa akan sesuai harapan dan kebutuhan masyarakat apabila d/dukung oleh pengalokasian Dana Desa yang terencana dan terukur.

 

Alokasi Dana Desa harus d/gunakan secara konsisten dan terkendali. Setiap kegiatan yang menggunakan Dana Desa harus benar-benar berpihak pada persoalan masyarakat desa. Proses PILKADES ini adalah pintu masuk untuk memperbaiki carut marut penggunaan Dana Desa.

Jangan sampai yang terpilih nanti hanya mereka yang mencari keuntungan pribadi. Apa lagi jika sekedar perpanjang tanganan dari rezim atau partai politik tertentu untuk menancapkan hegemoni politik belaka.

Maka, tidak ada pilihan lain, pemuda desa harus ikut berpolitik untuk membantu melalukan pendidikan politik kepada masyarakat desa. Jangan sampai PILKADES diwarnai dengan narasi primordialisme (kesukuan), polarisasi partai politik ataupun politik uang. Pilkades harus jadi momentum konsolidasi untuk kemajuan desa, karena kejayaan desa adalah kejayaan Indonesia.

Merdeka!!

Panjang Umur Perjuangan.
DPP GKRM (Gerakan Kebangkitan Rakyat Marhaen)

Hendry Ndry

Adalah seorang pemuda yang aktif dalam banyak kegiatan kepemudaan.

One thought on “Narasi Politik Pemuda Untuk Mengawal PILKADES 2021”

Comments are closed.