Membela PKL, GMNI Inhil Kunjungi Kemendagri

Gmni inhil temui kemendagri
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Jakarta – Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Indragiri Hilir (Inhil) d/wakili Bung Rio kunjungi Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa (9/2/2021).

Kunjungan Bung Rio (utusan GMNI Inhil) ke Kemendagri bermaksud menyampaikan permasalahan dan permohonan terkait kondisi yang menimpa Pedagang Kaki Lima (PKL) di Inhil.

Saat menyampaikan permohonan, Rio d/dampingi oleh Bung Pablo selaku Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GMNI Ketua Bidang Perundang-undangan dan Advokasi Kebijakan.

Terlihat Bung Rio dan Bung Pablo berada di Ruang Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum – Otonomi Daerah Kemendagri. CCC Perda tersebut (No. 11 Tahun 2016) yang d/gunakan sebagai dasar untuk memperlakukan Pedagang Kaki Lima (PKL). Rio berkata bahwa Perda terkait ketertiban umum yang d/jadikan dasar untuk menindak PKL itu tidak berkeadilan, baik materi muatan hingga pelaksanaannya.

D/sisi lain, perda khusus terkait pemberdayaan PKL tidak d/buat oleh Pemda Inhil. Padahal para PKL mempunyai hak untuk d/berdayakan. Baca Juga : Penggusuran PKL, DPP GMNI Dukung DPC GMNI Inhil Terus Lakukan Penolakan Dalam Menyikapi hal itu, Rio menegaskan bahwa harus ada dorongan berbagai elemen agar terbentuk produk hukum yang menjamin hak-hak PKL. “Kita (sebagai mahasiswa) harus mendorong terbentuknya aturan khusus untuk pemberdayaan PKL”, kata Rio

“Jelas, d/lapangan kita lihat PKL hanya d/jadikan objek penertiban bahkan penggusuran”, tambahnya.

“Padahal PKL punya hak untuk d/tata, d/lindungi dan d/berdayakan”, tegasnya. Baca Juga : Gugat Perda Ketertiban Umum, Mahasiswa Inhil-Jogja Bersatu! Sehingga jalan perjuangan yang d/pilih oleh GMNI Inhil salah satunya adalah memohon pada Kemendagri. “Semoga secepatnya d/respon oleh pihak kementerian”, harap Rio.

“Kita akan terus bela hak-hak PKL, sesuai dengan aturan penataan, perlindungan, dan pemberdayaannya”, tandasnya.

Bung Pablo selaku DPP GMNI menyampaikan bahwa akan terus mensupport gerakan yang kawan-kawan Inhil lakukan. “kita sebagai pengurus pusat akan mengawal gerakan kawan-kawan di Inhil yang berupaya membela kaum marhaen”, ucap Bung Pablo. Baca : Perda Inhil yang D/gunakan untuk menertibkan PKL Cacat Hukum