Bung Karno : Perjuanganmu Lebih Sulit Karena Melawan Bangsa Sendiri

Perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsa sendiri
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Presiden Soekarno adalah seorang manusia yang memiliki banyak kelebihan terutama tentang bagaimana memprediksi perjuangan d/masa depan. Terlepas dari pada kelebihan itu, sebagai manusia biasa tentu Bung Karno juga memiliki kekuarangan.

Menjadi tokoh sentral dalam pembentukan nasionalisme Indonesia, Soekarno banyak memberikan pesan kepada penerusnya. Banyak pesan tentang perjuangan yang pernah Bung Karno katakan, dan terbukti sampai sekarang.

Baca Juga : Sosio Demokrasi Bung Karno

Dalam sebuah pidatonya, ia pernah mengatakan, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Mungkin saat baru mencapai kemerdekaan, kalimat ini akan sulit dimengerti, bagaimana bisa melawan bangsa sendiri lebih sulit dari melawan penjajah. Bahkan kemungkinan melawan bangsa sendiri juga sepertinya adalah hal yang aneh.

Namun, sejarah membuktikan bahwa hal seperti ini sangat mungkin terjadi. Lewat kata-katanya tersebut seolah ia mengajak bangsa Indonesia untuk waspada dan tetap berjuang bahkan setelah Indonesia sudah merdeka. Karena yang akan kita hadapi selanjutnya adalah saudara sebangsa sendiri.

Baca Juga : Marhaenisme, Asas Yang Relevan Sampai Hari Ini

Lihat saja sekarang ini, perpecahan dan aksi kekerasan begitu biasa terjadi d/ berbagai daerah. Perbedaan yang dulunya tetap menyatukan kita sebagai bangsa Indonesia yang unik dan beragam, sekarang ini seolah justru menjadi sumbu-sumbu perpecahan yang siap d/letupkan oleh para provokator.

Lebih jauh dari pada itu, bagaimana keadaan politik kita hari ini sangat mencemaskan. Kruptor yang memjamur, politisi yang hanya mencari uang melalui jabatan. Mereka tidak perduli dengan kesengsaraan rakyat, dan hanya memikirkan kepentingan pribadi dan kelompoknya saja.

Apakah kita tetap bisa bersatu?. Sedangkan  dengan mudah kita terprovokasi dan d/tunggangi oleh mereka yang memiliki kepentingan pribadi? Semoga saja tidak.

One thought on “Bung Karno : Perjuanganmu Lebih Sulit Karena Melawan Bangsa Sendiri”

Comments are closed.