Bung Karno : Perjuanganmu Lebih Sulit Karena Melawan Bangsa Sendiri

Perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsa sendiri
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Presiden Soekarno adalah seorang manusia yang memiliki banyak kelebihan terutama tentang bagaimana memprediksi perjuangan d/masa depan. Terlepas dari pada kelebihan itu, sebagai manusia biasa tentu Bung Karno juga memiliki kekuarangan.

Menjadi tokoh sentral dalam pembentukan nasionalisme Indonesia, Soekarno banyak memberikan pesan kepada penerusnya. Banyak pesan tentang perjuangan yang pernah Bung Karno katakan, dan terbukti sampai sekarang.

Baca Juga : Sosio Demokrasi Bung Karno

Dalam sebuah pidatonya, ia pernah mengatakan, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Mungkin saat baru mencapai kemerdekaan, kalimat ini akan sulit dimengerti, bagaimana bisa melawan bangsa sendiri lebih sulit dari melawan penjajah. Bahkan kemungkinan melawan bangsa sendiri juga sepertinya adalah hal yang aneh.

Namun, sejarah membuktikan bahwa hal seperti ini sangat mungkin terjadi. Lewat kata-katanya tersebut seolah ia mengajak bangsa Indonesia untuk waspada dan tetap berjuang bahkan setelah Indonesia sudah merdeka. Karena yang akan kita hadapi selanjutnya adalah saudara sebangsa sendiri.

Baca Juga : Marhaenisme, Asas Yang Relevan Sampai Hari Ini

Lihat saja sekarang ini, perpecahan dan aksi kekerasan begitu biasa terjadi d/ berbagai daerah. Perbedaan yang dulunya tetap menyatukan kita sebagai bangsa Indonesia yang unik dan beragam, sekarang ini seolah justru menjadi sumbu-sumbu perpecahan yang siap d/letupkan oleh para provokator.

Lebih jauh dari pada itu, bagaimana keadaan politik kita hari ini sangat mencemaskan. Kruptor yang memjamur, politisi yang hanya mencari uang melalui jabatan. Mereka tidak perduli dengan kesengsaraan rakyat, dan hanya memikirkan kepentingan pribadi dan kelompoknya saja.

Apakah kita tetap bisa bersatu?. Sedangkan  dengan mudah kita terprovokasi dan d/tunggangi oleh mereka yang memiliki kepentingan pribadi? Semoga saja tidak.

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...

One thought on “Bung Karno : Perjuanganmu Lebih Sulit Karena Melawan Bangsa Sendiri”

Comments are closed.

faktor revolusi menurut bung karno

Tidak Bisa Sesuka Hati, Ini Faktor Revolusi Menurut Bung Karno

Kita sering mendengar kata revolusi dalam narasi perjuangan, akan tetapi apa sebenarnya revolusi itu, dan apa saja faktor-faktornya?. Revolusi menurut Bung Karno adalah penjungkirbalikan seluruh tata nilai lama untuk diganti dengan tata nilai yang baru.  Penjungkirbalikan tata nilai lama ini haruslah sampai ke akar-akarnya. Penjungkarbalikan ini artinya perubahan total dari sistem atau tata nilai yang […]

Read More
Soekarno Menaruh Perhatian Besar Terhadap Pembaharuan Islam

Soekarno Menaruh Perhatian Besar Terhadap Pembaharuan Islam

Apakah Soekarno seorang pemikir Islam? Apakah Soekarno adalah pemikir yang menjadikan Islam sebagai objek kajian atau kerangka berpikir? Dalam beberapa tulisan yang kemudian d/terbitkan dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi, Soekarno menjadikan Islam sebagai topik pembahasan. Dalam ulasannya itu, baik sebagai nilai-nilai normatif maupun manifestasinya di/ dalam sejarah. Islam d/pikirkan oleh Soekarno secara terbuka, dialogis, […]

Read More
Bung Karno, Kopi Pahit Yes, Al-Kohol No!

Bung Karno, Kopi Pahit Yes, Al-Kohol No!

Anda suka kopi hitam pekat pahit?, berbanggalah!. Tradisi ngopi telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dulu, bahkan termasuk Soekarno. Bung Karno bahkan tak bisa lepas dari secangkir kopi saat berdiskusi permasalahan bangsa dengan para tokoh pergerakan. Pada akhir juni 1921, Bung Karno datang  Bandung untuk menuntut ilmu di Technische Hoogheschool Te Bandoeng  (Institut Teknologi Bandung). […]

Read More