Soekarno Menaruh Perhatian Besar Terhadap Pembaharuan Islam

Soekarno Menaruh Perhatian Besar Terhadap Pembaharuan Islam
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Apakah Soekarno seorang pemikir Islam? Apakah Soekarno adalah pemikir yang menjadikan Islam sebagai objek kajian atau kerangka berpikir?

Dalam beberapa tulisan yang kemudian d/terbitkan dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi, Soekarno menjadikan Islam sebagai topik pembahasan. Dalam ulasannya itu, baik sebagai nilai-nilai normatif maupun manifestasinya di/ dalam sejarah. Islam d/pikirkan oleh Soekarno secara terbuka, dialogis, kritis sekaligus konstruktif.

Baca Juga : Opini-Opini Penulis Trisila.com

Soekarno bukan orang yang d/didik secara formal dalam lembaga pendidikan keislaman seperti madrasah atau pesantren. Namun, sebagai seorang anak yang lahir dan d/besarkan dalam sebuah keluarga Muslim-Jawa dan terlibat aktif dalam gerakan Sarekat Islam, Soekarno memiliki ketertarikan pada Islam dan pemikiran keislaman.

Terlebih memalui Tjokroaminoto sebagai Ketua Central Sarekat Islam, Soekarno bisa berkenalan dengan Kiai Ahmad Dahlan dan ikut pengajian-pengajiannya di Surabaya. Lewat jaringan yang sama pula, Soekarno bersahabat dengan Kiai Mas Mansur. Berkat kedekatan dan kesamaan pandangan dengan tokoh-tokoh penting Muhammadiyah itu pula, Soekarno belakangan memutuskan untuk menjadi anggota Muhammadiyah saat menjalani masa hukuman oleh pemerintah Hindia Belanda d/ Bengkulu (1938-1942).

Baca Juga : Tulisan-Tulisan Tentang Soekarno

Selain itu, Soekarno banyak membaca buku-buku tentang perkembangan Islam di dunia modern melalui buku-buku yang berbahasa Inggris, bahasa Belanda dan bahasa Eropa lainnya.

Buku-buku tentang Islam dan pemikiran Islam yang menjadi referensi utama Sukarno biasanya d/sebutkan dalam berbagai tulisan yang d/buatnya. Di antaranya, para pemikir dunia Islam yang sering d/jadikan rujukan adalah Sayyid Amir Ali, Farid Wajdi, Jamaluddin al-Afghani, Mohammad Abduh, ‘Ali ‘Abd al-Raziq, Qasim Amin, Halide Edib Hanoum, dan lain-lain.

Jadi, apakah Soekarno bisa disebut sebagai seorang pemikir Islam? Tentu, kita bisa berbeda pendapat dalam menjawab pertanyaan ini. Tapi, satu hal yang pasti adalah bahwa Soekarno merupakan seorang pemikir yang punya perhatian terhadap persoalan pembaruan modern dalam Islam.

 

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...