Terobosan Bupati Inhil yang Sangat Fenomenal, Sulit Terlupakan

Bagikan Tulisan Ini Bung...

Banyak tulisan terbit sebelumnya yang kritis terhadap pemerintah Inhil, bahkan membuat gerah para “penjaganya”. Sungguh tidak mungkin satu kepemimpinan Daerah sama sekali tidak memiliki terobosan. Terlebih lagi kebanyakan penilaian kita  bersandar pada subjektivitas saja.

Mungkin saja terjadi perbedaan persepsi, bagi para pendukungnya, tentu HM Wardan memiliki banyak prestasi. Begitu juga sebaliknya, akan selalu ada kesalahan yang mampu d/lihat oleh oposisinya.

Lumrah saja, dengan perbedaan pendapat itulah pada akhirnya kita menjadi lebih dewasa memandang pemerintahan.

Setidaknya,  trisila.com mampu menjadi satu corong dari pandangan-pandangan kritis terhadap pemerintah daerah. Karena sejujurnya, d/inhil,  super langka media yang siap bertahan menjadi oposisi pemerintah.

Kita kembali pada persoalan terobosan.

Taukah Anda, bahwa ada satu terobosan yang sangat fenomenal dari kebijakan HM Wardan. Terobosan ini terjadi pada awal tahun 2014. Saya yakin  bagi warga yang berdomisili d/ Tembilahan pasti sudah tau dengan kemasyhuran kabar ini.

HM Wardan adalah bupati yang d/kenal konsen memajukan dunia perkelapaan Inhil. Selain pernah mengadakan event besar (Festival Kelapa Dunia) yang belum terasa manfaatnya sampai sekarang, ia juga melalukan banyak hal lain. Misalnya, seperti menggagas sebutan hamparan kelapa dunia untuk Inhil, mendorong Sistem Resi Gudang yang sampai hari ini belum terbukti, dan masih banyak lagi.

Tapi bukan kebijakan itu yang fenomenal, mengapa?, karena untuk d/ketahui, Festival Kelapa Dunia itu bukan murni gagasan Wardan. Festival Kelapa Dunia adalah kegiatan yang memang setiap tahun d/laksanakan oleh Asian Pacific Coconut Comunity (APCC)  dan Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek).

Kemudian persoalan Sistem Resi Gudang, itu lebih “maksa” lagi. Bayangkan saja, sejak d/bahas sekitar tahun 2015 hingga keluar Perda Sistem Resi Gudang sampai sekarang tidak ada yang keren. Bahkan Perbup-nya saja tidak kunjung lahir, jadi tidak terlalu fenomenal terobosan itu.

Terobosan yang super duper fenomenal adalah :

MENANAM KELAPA DI MEDIAN JALAN.

Keren bukan?, kelapa d/ tanam d/ “tengah” jalan.



Sebuah program yang sangat spektakuler, bombastis, fantastis, amazing, wow, wonderful. Daya imajinasinya sungguh luar biasa tak dapat d/terka. Pemimpi kelas kakap, pendobrak kebiasaan lama, merintis kebiasaan baru.

Jika kebanyakan orang  menanam kelapa d/lahan perkebunan, HM Wardan menanam kelapa “d/tengah” jalan.

Ketika d/tanya oleh banyak pihak prihal alasannya menanam kelapa d/tengah jalan itu, jawabannya sungguh tidak dapat d/lawan. Bahkan pendebat ulung saja dengan mudah d/buatnya bertekuk lutut tanpa ampun.

Menonjolkan Icon Kabupaten!.

Uniknya, pohon kelapa itu perlahan berevolusi menjadi lampu hias. Rupanya, kelapa yang d/tanam itu memiliki kemampuan seperti power rangers, merubah bentuk menjadi lebih keren.



Sungguh dan tak dapat d/sangkal, itu adalah  kebijakan yang fenomenal yang tak dapat kita lupakan. Seluruh rakyat terkagum dan tercengang dengan kreativitas HM Wardan saat itu.

Sebagai warga yang baik, sudah seharusnya kita menghargai perjuangan HM Wardan yang maksimal. Segala upaya  telah ia lakukan untuk mengembangkan perkelapaan d/Inhil, bahkan jika itu melawan nalar-pun akan ia lakukan. Semua demi kesejahtraan kita, warga Indragiri Hilir.

Untuk itu, mari kita beri beliau gelar “Bapak Kelapa Inhil”.

One thought on “Terobosan Bupati Inhil yang Sangat Fenomenal, Sulit Terlupakan”

Komentar