Pejabat Tinggi Pertamina DiPecat Jokowi, Bagaimana Ahok?

pejabat
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Pejabat tinggi pertamina di pecat oleh presiden Jokowi. Hal itu d/ungkapkan oleh Menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan pemecatan pejabat PT Pertamina itu lantaran ke ngawurannya dalam hal kebijakan.

“Ada pejabat tinggi pertamina itu kemarin d/pecat presiden langsung,” ujarnya dalam rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT 2021, d/kutip pada kompas.tv (10/03/21).

Pemecatan pejabat pertamina tersebut berkaitan dengan kebijakan langkahnya dalam mengimpor pipa untuk proyek pertamina. Hal tersebut tidak sesuai dengan aturan  penggunaan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

“Pertamina itu ngawurnya minta ampun. Masih saja impor pipa, padahalkan bisa d/buat d/ Indonesia. Bagaimana itu,” ujar mantan Menkopolhukan tersebut.

Akan tetapi, Luhut tidak menyebutkan siapa nama pejabat tinggi pertamina yang d/pecat oleh Presiden Jokowi itu.

“Ada yang tanya alasan, saya sebutkan alasannya TKDN. Kamu cek saja siapa yang d/pecat itu”, tambahnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi. Menurutnya, ada pejabat Indonesia hari ini kurang profesional dan tak Idealis, karena suka dengan produk luar negeri d/bandikan dengan produk dari dalam negeri sendiri.

“Nah kecintaan kita, kepada idealisme itu menurut saya kurang. Anda lebih muda dari saya. Saya 74 tahun ini. Jadi saya sedih kadang-kadang melihat anak muda itu, maaf istilah saya melacurkan profesionalismenya hanya sekedar gini (uang) saja,” tutur Luhut.

Pada tempat terpisah, Mengutip dari halaman iNews.id, Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan, Industri dalam negeri sebenarnya sudah mampu untuk menyuplai kebutuhan proyek pada sektor minyak dan gas (Migas), baik dari hulu hingga ke hilir. Kendati demikian, tidak semua komponen mampu d/buat d/dalam negeri, sehingga masih perlu adanya impor.

Menanggapi pemecatan pejabat tinggi pertamina tersebut, Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaya Purnama mengatakan, bisa langsung tanya ke Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Bisa langsung tanya ke pak Luhut, siapa pejabat yang d/pecat oleh presiden secara langsung”, ungkap politisi PDI Perjuangan itu. (d/kutip dari laman kompas.com, 10/03/2021)

Namun, Mantan Gubernur DKI tersebut mengungkapkan, kemungkinan pemecatan tersebut datang dari anak perusahaan pertamina.

“Mungkin pergantian dirut anak perusahaan (Pertamina),” ujarnya singkat.

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari Dirut Pertamina dan Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara).