Menteri Risma: Bansos Covid-19 Hanya Sia-sia, Mengapa?

menteri
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Risma Maharini, Menteri Sosial Republik Indonesia mengatakan ia paling keras untuk penanganan Virus Corona. Hal itu d/sampaikannya ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

“Teman-teman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hafal saya paling keras menangani pandemi ini. Mungkin tidak ada yang sekeras saya,” kata Risma dikutip dari halaman medcom.id (Kamis,11/3/2021) dalam program virtual ‘Evaluasi Satu Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia: Perspektif Kebijakan dan Implementasi’.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan, usahanya membuat Kota Pahlawan bisa keluar dari zona terparah penyebaran Covid-19 menjadi zona kuning.

“Dari yang katanya hitam, merah hitam, merah tua, kemudian berangsur-angsur bahkan sempat menjadi kuning,” ungkap Risma.

Dikutip dari laman suara.com, Politisi PDI Perjuangan itu juga menganggap, bantuan sosial dari pemerintah akan menjadi sia-sia jika masyarakat tak mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan.

Risma juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan. Agar Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia bisa terkendali dan teratasi. Mensos juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan gerakan vaksinasi Covid-19 yang sedang d/jalankan oleh pemerintah. Jika tidak semuanya akan hanya menjadi sia-sia.

“Apabila kita tidak bisa menjaga semuanya itu, apalagi kalau kemudian ada yang tidak mau d/beri vaksin. Maka semua uang bansos yang kita gelontorkan akan menjadi sia-sia,” jelas Risma dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana, selasa kemarin.

Menteri Risma melihat dan menilai, akibat pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama setahun ini, membuat angka kemiskinan di Indonesia menjadi lebih berat.

Menurutnya, hal tersebut terjadi akibat pengeluaran masyarakat semakin meningkat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan. Seperti bertambahnya pengeluaran untuk membeli alat pelindung diri untuk mencegah penularan Virus Corona, paket internet dan lain sebagainya.

“Mari kita tidak berkecil hati. Semangat terus berjuang terus. Kita buktikan bahwa kita adalah bangsa yang bisa d/hargai. Karena kita disiplin dan kita menjaga protokol dengan ketat,” tegas Mantan Walikota Surabaya tersebut.

Menurut Risma, pemerintah telah memberikan perlindungan sosial sebagai bagian dari strategi penanggulangan kemiskinan pada masa pandemi COVID-19 melalui bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai, Bantuan Sosial (Bansos) dan lainnya.