Amandemen UUD, Jokowi – SBY Akan Bertarung di Pilpres 2024

jowoki sby
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Ada Wacana untuk menjadikan masa jabatan presiden maksimal tiga periode. Hal ini bisa terjadi jika amandemen UUD Negara Republik Indonesia 1945 benar-benar terjadi.

Banyak yang mengatakan jika Wacana itu bertujuan untuk memberikan kesempatan ke tiga  kepada Joko Widodo.

Artinya,Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY juga sangat berpeluang maju lagi di pilpres. Hal ini  karena SBY baru menjadi presiden selama dua periode.

Arief Poyuono sebagai salah satu pengusul jabatan presiden tiga periode menilai akan ada keseruan tersendiri jika amandemen terealisasi.

“Bisa el clasico SBY vs Jokowi di Pilpres 2024 kalau jabatan presiden boleh tiga periode. Seru nih,” kata Arief dalam keterangannya, Minggu (14/4).

Arief mengatakan,  masa jabatan presiden yang hanya dua periode dalam Pasal 7 UUD NRI 1945 harus d/tinjau kembali.

Dengan diperbolehkannya seseorang menjabat  presiden tiga periode, maka akan membuka pintu bagi Jokowi untuk maju lagi di Pilpres 2024.

“Begitu juga kans Susilo Bambang Yudhoyono untuk kembali maju sangat terbuka lebar di Pilpres 2024,” papar Arief.

Arief menilai jabatan maksimal dua periode tidak tepat bagi kepala negara Indonesia. Bahkan ia justru bertanya, dari mana usulan masa jabatan itu.

“Kalau presiden di Indonesia bisa terpilih dua kali, artinya dua periode saja kan, itu usulan dari mana?. Itu usulan abis reformasi, yang ngusulin dan yang copy paste dari mana?. Dari Amerika, Pak Amien Rais?” Ungkapnya.

Amien Rais d/sebut karena ia menjadi salah satu politisi senior yang merespons keras usulan jabatan presiden tiga periode.

Indonesia dan Amerika Berbeda

Arief berpandangan Indonesia tak tepat jika harus meniru Amerika, karena Indonesia dan Amerika memiliki perbedaan kultur politik.

“Kalau dua periode jiplak dari Amerika, culture politiknya Amerika beda, landscape politik Amerika beda, budaya Amerika beda. Di Amerika cuma dua partai, di sini berkarung-karung,” jelasnya.

Terlebih Indonesia merupakan negara yang cukup luas dan terbagi berpulau-pulau.

“Jadi presiden terpilih tidak bisa dijalankan dengan selesai, tapi kalau tiga periode bisa,” tandasnya.

 

Sumber : RMOL.ID

Admin Trisila.com

admin adalah seorang admin...