Motif Tanjak Melayu Yang Sering Digunakan Masyarakat Siak

Motif Tanjak Melayu
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Motif Tanjak Melayu. Masyarakat Melayu yang ada di Kabupaten Siak d/kenal sebagai masyarakat yang kaya akan kebudayaan.

Dalam menempatkan posisi sebagai orang Melayu mereka harus mampu mempertahankan dan menjaga nilai kebudayaan.

Dalam adat istiadat kebudayaan Melayu Siak terdapat pada pakaian yang d/kenakan oleh raja-raja pada kerajaan Siak. Pakaian ini merupakan wujud budaya tradisi yang memiliki unsur terpenting yang menjadi ciri khas dari pakaian adat Melayu Riau.

Pakaian raja Siak Sri Indrapura terdiri dari baju cekak musang, kain songket dan seluar (celana panjang) dan tanjak (penutup kepala).

Motif tanjak Melayu yang terdapat di Kabupaten Siak Provinsi Riau biasanya d/ambil dari bentuk alam, flora dan fauna.

(Motif Tanjak Melayu)

Bermotif Flora

Motif flora ini merupakan stirilisasi dari bentuk tumbuh-tumbuhan sehingga bentuknya terlihat sederhana dan sedikit kaku.

Motif-motif flora yang terdapat pada tanjak yang d/pakai masyarakat Melayu di Kabupaten Siak Provinsi Riau antara lain yaitu:

  • Pucuk Rebung

Pucuk rebung adalah pucuk dari tunas bambu yang baru tumbuh yang berbentuk meruncing ke atas, bagian pangkalnya besar dan semakin keatas semakin mengecil. Motif pucuk rebung ini memiliki bentuk segitiga dengan garis-garis lengkung dan lurus didalamnya.

  • Tepuk Manggis

Motif Tepuk manggis merupakan bentuk yang d/ambil dari bentuk fauna tumbuhan buah manggis, bentuk motif yang d/ambil terdapat d/bagian belakang atau d/bagian bawah buah manggis

Bermotif fauna

Motif fauna yang d/ambil dari bentuk hewan. Akan tetapi bentuk hewan pada motif tanjak dari kain songket  ini sudah d/abstarkkan sehingga tidak mirip dengan bentuk hewan yang sebenarnya.  Motif fauna yang terdapat pada motif tanjak di Kabupaten Siak Provinsi Riau, yaitu:

  • Itik Tidur

Motif tanjak melayu masyarakat yang ada di Kabupaten Siak d/kenal sebagai masyarakat yang kaya akan kebudayaan. Itik tidur ini merupakan bentuk hewan jenis unggas yaitu itik yang sudah distilasi atau abstraksi yang bentuknya jika dilihat sekilas tidak akan tampak seperti bentuk itik yang sebenarnya.

Sumber : Artikel FENY SANTIA (Universitas Negeri Padang)