Pengantar Buku Mengorganisir Rakyat Yang Menggugah Jiwa

Buku Mengorganisir Rakyat
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Pengatar Buku yang Menggetarkan Jiwa

Sudah banyak buku yang kubaca, mulai dari sains, sejarah, seni, sosial, politik, agama, hingga buku pemberontakan. Dari setiap buku, aku tidak pernah melewatkan pengatar dari penulis, termasuk Buku mengorganisir Rakyat.

Bagiku, pengantar penulis adalah ungkapan jiwa yang terkandung d/balik tulisan mereka. Dan aku harus masuk dari sana, ya, dari jiwa para penulis buku itu.

Pengantar yang terdapat pada Buku Mengorganisir Rakyat karya Jo Hann Tan dan Roem Topatimasang sungguh menggugah jiwa. Sebuah catatan perjalanan dari seorang yang menceburkan diri dalam berbagai upaya pengorganisiran rakyat.

Begini Isi Pengantarnya :

Jadi, lebih baik kami ingatkan sejak awal bahwa mengorganisir rakyat bukanlah suatu pekerjaan yang akan membawa keberuntungan kebendaan atau kemasyhuran nama yang akan menjadikan anda seorang pahlawan. Sebaliknya, seorang pengorganisir rakyat baru dapat d/anggap berhasil jika sang pahlawan adalah rakyat itu sendiri dan bukannya sang pengorganisir.

Mengorganisir rakyat bukanlah suatu pekerjaan dimana anda harus memenuhi ketentuan 8 jam kerja sehari karena takut dipecat oleh atasan anda. Mengorganisir rakyat juga bukan semacam hobi yang bisa saja anda ubah ketika menemukan hobi baru lainnya yang lebih mengasyikkan. Bahkan, mengorganisir rakyat juga bukanlah suatu proyek pribadi yang bisa anda permaklumkan dan akui sebagai milik anda sendiri. Maka, jika anda memutuskan untuk menjadi seorang pengorganisir rakyat, bersiaplah untuk menghadapi banyak tantangan.

Kecaman paling keras mungkin akan datang dari keluarga dan kerabat anda sendiri. Karena, menjadi seorang pengorganisir rakyat berarti terlibat dalam suatu proses perjuangan seumur hidup yang menuntut anda agar berpandai-pandai membagi waktu dan mampu menyeimbangkan penuaian kewajiban kepada keluarga dengan tanggungjawab sebagai pengorganisir rakyat ke arah perubahan sosial yang lebih besar.

Anda memang d/harapkan membawa suatu perubahan, bahkan mungkin rakyat sendiri mengharapkan anda membawa suatu mukjizat. Tetapi, semuanya tergantung pada bagaimana anda memahami peran-peran yang anda jalankan. Anda mungkin saja akan d/jadikan sasaran tembak dan d/zalimi oleh para penguasa, juga para pengusaha yang merasa terancam kepentingannya jika rakyat yag anda organisir bangkit kesadarannya menentang kekuasaan dan kerakusan mereka. Dan, jika ternyata semua serangan itu terlalu kuat dan tak mampu lagi anda atasi, maka bersiaplah sejak awal untuk menerima kenyataan gagal sebagai seorang pengorganisir rakyat.

Sampai di sini, jika anda memang tetap yakin akan menjadi seorang pengorganisir rakyat, ada baiknya anda teruskan membaca buku ini. Sebaliknya, jika anda tak yakin, lebih baik lupakan saja buku ini dan carilah jalan lain yang memang akan membawa anda kepada keberuntungan kebendaan dan kemasyhuran nama, bukan jalan pengorganisasian rakyat.

Baru saja membaca pengantar dari Buku Mengorganisir Rakyat, bulu kuduk sudah merinding. Naruli pembaca, apalagi jika pembaca adalah seorang aktivis, membakar semangat.

Jika anda penasaran dengan bukunya, silahkan download disini.