10 Khasiat Bawang Merah, Nomor 9 Tak Terduga

10 Khasiat Bawang Merah
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Berikut 10 khasiat yang terdapat pada bawang merah :

1 Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak baik bagi tubuh manusia. Tetapi, dengan mengonsumsi bawang merah, kadar kolesterol bisa berkurang karena memperlancar mobilisasi dan menghindari hambatan penumpukan.

2 Menurunkan Demam

Manfaat bawang merah untuk bayi bisa untuk menurunkan demam. Cukup campurkan parutan bawang dengan minyak kelapa dan sedikit asam dan balurkan ke tubuh secara merata, khususnya punggung dan perut sehingga bisa menghangatkan badan.

3 Melancarkan Pernapasan

Lendir yang terdapat pada tenggorokan dan bisa menghambat jalur pernapasan bisa teratasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup memakan bawang merah mentah atau acar agar tubuh terasa hangat dan melancarkan pernapasan.

4 Mengobati Maag

Dikutip dari buku ‘Bawang Merah’ karya Estu Rahayu dan Nur Berlian V A mengonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, bisa campurkan dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

5 Mengatasi Masuk Angin

Selain pernapasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbi bawang merah dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, gosok-gosokkan campuran ke area punggung hingga kulit berwarna kemerahan.

6 Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang merah bisa meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan turunnya kadar gula darah. Maka dari itu, konsumsi bawang merah bisa meningkatkan dan menormalkan gula dalam tubuh.

7 Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang merah mengandung folat yang bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain pada bawang, seperti zat besi dan pyrithione juga bermanfaat bagi fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

8 Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit. Dengan mengonsumsi bawang merah, risiko tersebut dapat berkurang karena adanya zat quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

9 Meningkatkan Imun

Kekebalan tubuh saat mengonsumsi bawang merah bisa meningkat dan mencegah dari berbagai penyakit, seperti flu, demam, hingga bronkitis. Caranya cukup tambahkan bawang merah dengan makanan yang kamu santap.

Panaskan bawang merah dan tumbuh dalam 100 cc minyak kemiri hingga matang. Saring minyaknya dan campurkan dengan minyak urang aring dan minyak melati. Setelah itu, oleskan di kulit kepala dan rambut setiap menjelang tidur.

10 Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah yang terakhir adalah mencegah kanker. Zat quercetin dalam bawang merah bisa berfungsi dalam melawan efek radikal bebas dalam tubuh, termasuk kanker.

Itulah 10 khasiat yang terdapat pada bawang merah.

#Trisila.com