Kejadian Bersejarah Bagi Bangsa Indonesia pada Hari Ini

Kejadian Bersejarah hari ini
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Kejadian Bersejarah

Tahukah anda bahwa pada tanggal 8 Juli (hari ini) ada kejadian bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Kejadian ini banyak yang tidak mengetahuinya. Padahal, apa yang terjadii pada tanggal 8 Juni saat itu adalah sesuatu yang membanggakan.

Peluncuran Setelit Pertama Indonesia

Tanggal 8 Juli tepatnya pada tahun 1976 adalah hari bersejarah bagi dunia telekomunikasi di Indonesia.

Pada hari itu, Satelit Palapa A1 yang merupakan satelit pertama Indonesia meluncur dengan menggunakan roket Delta 2914 dan mulai mengorbit sehari berikutnya.

Di kutip dari Wikipedia, Palapa A1 di luncurkan dari Pad LC-17A tanjung Canaveral, Amerika Serikat, pada tanggal 8 Juli 1976 dengan roket Delta 2914 dan menempati orbit GEO 83BT.

Setelah memasuki masa operasional, 6 dari 12 transponder Palapa A1 di gunakan untuk aplikasi telepon. Sedangkan yang 1 lainnya, di gunakan oleh televisi nasional dan 5 sisanya di gunakan sebagai cadangan.

Roket itu terbagi atas tiga tingkatan dan d idorong 9 roket tambahan di samping roket utama. Selama peluncuran itu prosesnya adalah tanggung jawab NASA.

Setelah itu NASA menyerahkan pengawasan kepada stasiun pengendali di Glenwood, New York.

Kesuksesan peluncursan satelit Palapa A1 menempatkan Indonesia menjadi negara ketiga di dunia yang mengoperasikan Sistem Komunikasi Satelit Domestik dengan menggunakan Satelit GSO.

Peluncuran itu di siarkan di TVRI secara langsung. Siaran itu di-relay oleh Palembang dan stasiun Medan.

Kesulitan komunikasi lewat daratan di pecahkan dengan sistem satelit itu. Satelit Palapa mampu meng-cover sepertiga belahan bumi meliputi negara-negara ASEAN, berdaya kerja aktif untuk 7 tahun serta tahan terhadap goncangan dan perubahan suhu.

 

Asal Usul Disebut Satelit Palapa

Bernama satelit Palapa karena satelit komunikasi itu memiliki peran utama mempersatukan seluruh nusantara dengan jaringan telepon, telegram, telex, dan televisi.

Namanya diambil dari Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada pada 1336 yang merupakan sumpah pemersatu nusantara. Saat itu sistem komunikasi Indonesia masih terbilang buruk.

Padahal Indonesia terdiri atas daratan dan lautan yang luas. Baca juga: Indonesia Terserah, Kebijakan Plin-plan, dan Pembiaran Negara…

Proyek satelit komunikasi itu besar biayanya, yakni mencapai Rp 561 miliar. Sebanyak 13 persennya untuk satelit. Lalu 82 persen untuk telepon, telex, telegram, transmisi. Kemudian sisanya, 8 persen untuk televisi. Proyek tersebut bukan proyek mercusuar.

Dengan diluncurkannya satelit Palapa, babak baru telekomunikasi di Indonesia dimulai. Masyarakat Indonesia baru bisa merasakan manfaatnya 10 hari setelah peluncuran.

Kejadian Bersejarah hari ini.

#trisila.com