Khasiat Alpukat Untuk Jantung dan Kekebalan Tubuh

Khasiat Alpukat
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Khasiat Alpukat. Alpukat kaya akan mineral kalium (604 mg/ 100 g), tetapi miskin mineral natrium (4 mg/ 100 g). Perbandingan kalium terhadap natrium (4 mg / 100 g).

Setiap 100 g alpukat juga memasok serat cukup tinggi (1,6 g), vitamin A 290 IU dan folosin 51 ug.

Kadar lemak yang terdapat dalam alpukat sekitar 16 persen. Jadi, setiap 100 g alpukat  kurang lebih mengandung energi/kalori 167 kal, tergantung pada banyaknya kandungan lemaknya.

Sebagian besar, yaitu 63 persen lemak terebut terdiri dari asam lemak tidak jenuh, terutama asal lemak takk jenuh tunggal.

Alpukat selama ini cenderung di hindari oleh mereka yang kegemukan atau yang memiliki
gangguan seputar jantung karena alpukat sarat
lemak.

Kebanyakan buah-buahan umumnya rendah lemak, alpukat tergolong tinggi lemak, tetapi tidak banyak orang tahu bahwa mayoritas lemak alpukat terdiri atas asam lemak tak jenuh, yaitu
komponen lemak yang justru bermanfaat menurunkan kolesterol darah.

Alpukat juga mengandung senyawa peningkat fungsi kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit infeksi yang berhubungan dengan AIDS.

Makan alpukat 1/2 – 1 1/2 potong ukuran rata-rata 200-500 g sehari dapat mengungguli pola makan rendah lemak untuk menurunkan kolesterol darah.

Khasiat Alpukat

a. Diet dan panyakit jantung

Wanita berusia 37-58 tahun di beri pola makan tinggi bersumber dari alpukat (diet alpukat), ke-
mudian diikuti dengan pola makan tinggi karbohidrat-kompleks (diet rendah lemak), atau sebaliknya.

Masing-masing tahap diet berlangsung selama tiga minggu dan alpukat dikonsumsi dalam bentuk
mentah/segar seperti salad atau digunakan sebagai pengganti margarin, diolesi di atas roti atau crackers.

Kedua diet tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol darah, namun diet alpukat lebih efektif
menurunkan kolesterol total darah daripada diet lemak. Kolesterol total darah turun hampir dua lebih besar di bandingkan dengan diet rendah lemah biasa.

Kolestrol LDL dalam darah sejumlah responden wanita yang berdiet alpukat secara signifikan turun. Kolestrol LDL (kolestrol jahat) berakibat buruk terhadap kesehatan jantung.

b. Kekebalan Tubuh

Glutation adalah zat yang berlimpah terkandung dalam alpukat. Peran alpukat dalam menjaga kolstrol darah agar tak teroksidasi dan menjadi racun bagi tubuh sangat di pengaruhi oleh Glutation.

Selain itu Glutation dapat melindungi sel-sel tubuh dengan berfungsi sebagai antioksidan. Mempertahankan kadar fungsional zat zat antioksidan lain seperti vitamin C dan E dan karoten. Sehingga, dapat  meningkatkan reaksi terhadap kekebalan tubuh.