PDIP Disalip Gerindra, Survei Voxpol Center

PDIP disalip Gerindra
Bagikan Tulisan Ini Bung...

Mengejutkan, sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa PDIP tidak selalu menjadi  juara. Bahkan, kini partai berlogo moncong putih (PDIP) itu disalip Gerindra.

Gerindra mendominasi dukungan dari publik bila pemilihan legislatif di gelar pada akhir Juni 2021 dengan elektabilitas 27,9 persen. Sehingga menggeser PDIP yang merupakan partai pemenang dalam dua pemilu terakhir.

Demikian hasil survei yang di lakukan lembaga Voxpol Center yang di rilis Sabtu (3/7/2021).

“Jika pemilu legislatif di laksanakan saat survei ini di laksanakan, Partai Gerindra yang kini berada pada posisi pertama dengan elektabilitas 27,9 persen”. Kata Direktur Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago dalam konferensi persnya.

Survei tersebut di gelar di 34 Provinsi pada 22 Juni-1 Juli 2021 dengan 1.200 responden dan dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

PDIP Disalip Gerindra

Menyusul Gerindra, PDIP berada di oposisi kedua dengan angka elektabilitas 23 persen. Pangi menilai Gerindra berhasil melangkahi dominasi PDIP yang kerap menjadi partai nomor satu di tiap survei belakangan ini.

Beberapa lembaga survei belakangan ini masih menempatkan PDIP sebagai parpol di urutan pertama. Salah satunya hasil survei SMRC pada Maret 2021 lalu yang mengatakan PDIP mendominasi dukungan dari publik tertinggi dengan elektabilitas 24,9 persen.

“PDIP mulai di geser oleh Partai Gerindra,” ujar Pangi mengungkapkan hasil survei lembaganya.

Di bawah Gerindra dan PDIP, kata dia, menyusul PKS di posisi tiga dengan perolehan 9,4 persen. Partai Demokrat 7,8 persen, Partai Golkar 6,8 persen, dan PKB 4,9 persen.

“Nama-nama partai di atas memenuhi ambang batas parlemen 4 persen dan di pastikan akan lolos ke Senayan pada saat survei ini di laksanakan,” ujar Pangi.

Selain parpol-parpol di atas, memperoleh persentase di bawah 3 persen. Mereka adalah Nasdem dengan 2,3 persen, Perindo 1,3 persen, PPP 1,3 persen. Lalu, PAN 0,9 persen, Hanura 0,8 persen, PSI 0,3 persen, PBB 0,3 persen, Garuda 0,2 persen, Partai Ummat 0,2 persen, Berkarya 0,1 persen, PKPI 0,1 persen dan Partai Gelora 0,1 persen.(*)

 

#trisila.com

Sumber : Suara.com